Pasca Banjir, Operasional Bandara Internasional Dubai Akan Pindah

HUJAN DERAS: Pesawat hendak lepas take off di Bandara Internasional Dubai yang sempat kacau karena banjir. (Foto: Instagram Dubai Internasional Airport)
HUJAN DERAS: Pesawat hendak lepas take off di Bandara Internasional Dubai yang sempat kacau karena banjir. (Foto: Instagram Dubai Internasional Airport)

Setelah diterjang badai hebat pada Selasa (16/4), operasional Bandara Internasional Dubai akan dipindahkan ke Bandara Internasional Al Maktoum di Dubai World Center. Proyek ini akan memakan biaya senilai USD35 miliar atau sekitar Rp568 triliun, dalam 10 tahun ke depan.

Bandara ini direncanakan akan menjadi bandara tersibuk di dunia, meneruskan ‘gelar’ Bandara Internasional Dubai sebelumnya. Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan hal tersebut pada Minggu (28/4), seperti yang dilansir di ABCNews.

“Kami telah menyetujui desain terminal penumpang baru di Bandara Internasional Al Maktoum, dan memulai pembangunan gedung dengan biaya 128 miliar dirham,” kata Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

| Baca Juga: Banjir Melanda Negara Teluk: Bandara Dubai Lumpuh, 18 Orang Tewas di Oman

Setelah beroperasi nantinya, bandara baru ini akan mampu menampung 260 juta penumpang per tahun. Sheikh Mohammed mengatakan bahwa bandara ini akan menjadi terminal penerbangan terbesar di dunia.

Luasnya lima kali lebih besar dibandingkan Bandara Internasional Dubai saat ini. Tahap pengerjaan proyek dilakukan secara bertahap hingga 10 tahun ke depan.

Sebenarnya, rencana pemindahan bandara ini sudah dicanangkan sejak lama. Namun, proyek tertunda akibat krisis ekonomi pada 2009 dan Pandemi Covid 19. “Kami sedang membangun proyek baru untuk generasi mendatang, memastikan perkembangan yang berkelanjutan dan stabil untuk keturunan kami nantinya,” ungkapnya.

| Baca Juga: Penerbangan ke Jakarta Ditunda, Anang-Ashanty Terjebak Banjir di Dubai

Rilis dari pemerintah UEA tersebut mencakup gambar rencana proyek bandara baru. Terlihat bangunan mewah dan luas, dengan gedung beratap melengkung dan didominasi warna putih. Bandara ini akan memiliki lima landasan pacu pararel dan 400 gerbang pesawat. Ukuran ini lebih besar dua kali lipat dibandingkan Bandara Dubai, yang hanya memiliki dua landasan pacu.

Sebagai informasi, jumlah penumpang di Bandara Dubai pada 2019, mencapai 86,9 juta orang, menjadi bandara tersibuk di dunia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here