Awet Muda Secara Alami, Yuk Lakukan 5 Hal Ini

Ilustrasi tips awet muda (Foto: Freepik)
Ilustrasi tips awet muda (Foto: Freepik)

Memiliki kulit awet muda bagaikan memiliki harta karun yang tak ternilai. Kulit yang sehat, kenyal, dan bercahaya tak hanya menunjang penampilan. Namun juga meningkatkan rasa percaya diri.

Proses penuaan memang tak terhindarkan karena adanya faktor bertambahnya usia, namun bukan berarti tak mungkin. Dalam hal ini, mendapatkan kulit awet muda adalah dengan cara melakukan perawatan kulit. Perawatan kulit yang tepat adalah kunci utama. 

Kabar baiknya, ada beberapa jurus jitu yang bisa kamu lakukan untuk melawan penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda. Berikut 5 tips ampuh yang bisa kamu coba.

| Baca Juga: Tips Awet Muda Meriam Bellina: Jauhi Laki-laki, Bikin Stres!

  1. Gunakan Sunscreen

Sinar UV adalah musuh utama kulit. Paparan sinar matahari secara langsung dapat mempercepat proses penuaan. Seperti flek hitam, bintik-bintik gelap, dan kerutan.

Oleh karena itu, gunakan sunscreen setiap hari, minimal dengan SPF 30 dan PA+. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Aplikasikan Pelembab Setiap Hari

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat dan awet muda. Gunakan pelembab wajah setiap hari, pagi dan malam hari, untuk menjaga kadar air dalam kulit.

Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit kering, gunakan pelembab yang kaya akan emolien. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab yang oil-free dan non-comedogenic.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membantu kulit terlihat awet muda. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, olahraga meningkatkan sistem imun, melancarkan sirkulasi darah, dan membantu mengencangkan otot.

Sepeda, jogging, menari, atau aktivitas apa pun yang membuat tubuh bergerak dengan baik bisa menjadi pilihan.

| Baca Juga: Cara Sarwendah Jaga Kecantikan Supaya Tetap Awet Muda

4. Tidur yang berkualitas

Kualitas tidur yang buruk dapat merusak fungsi skin barrier dan menyebabkan penuaan dini. Kulit akan terlihat kusam, kering, dan rentan terhadap peradangan. Tidurlah 7-9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

5. Omega 3: Nutrisi Alami untuk Kulit Sehat

Omega 3 tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, tetapi juga baik untuk kulit. Omega 3 dapat membantu mengurangi risiko penuaan dini, meredakan peradangan pada kulit, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Konsumsi makanan kaya omega 3, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, kacang-kacangan, dan biji-bijian, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kulit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here