Berjasa dalam Olahraga, Pangeran Harry Bakal Raih Patt Tillman Award

Pangeran Harry. (Foto: Instagram)
Pangeran Harry. (Foto: Instagram)

Pangeran Harry dikabarkan akan dianugerahi penghargaan Pat Tillman Award for Service untuk pengabdiannya dalam olahraga di tahun ini. Hal tersebut diumumkan oleh kantor media olahraga ESPN, pada Kamis (27/6) kemarin.

Dari tahun ke tahun, penghargaan ini diberikan oleh mereka yang menggunakan koneksinya ke dunia olahraga untuk memberikan dampak positif pada kehidupan orang lain. Nama yang digunakan dalam penghargaan tersebut untuk menghormati pemain NFL legendaris dan US Army Ranger, Pat Tillman.

Dipilihnya Pangeran Harry sebagai penerima penghargaan tersebut di tahun 2024, merupakan bentuk pengakuan atas dampak mendalam yang telah diberikannya pada komunitas veteran melalui yayasan Invictus Games Foundation miliknya.

Invictus Games merupakan sebuah kompetisi olahraga internasional yang dipelopori Pangeran Harry untuk para veteran  yang mengalami cedera saat berada dalam tugas militernya. Yayasan tersebut pertama kali berdiri pada tahun 2014 silam.

| BACA JUGA : Pangeran Harry Dituduh ‘Hancurkan Bukti’ Kasus Peretasan HP

Kompetisi tersebut sekaligus untuk mempererat persahabatan dan menunjukkan bahwa olahraga dapat menyebuhkan seseorang secara fisik, psikologis dan sosial. Hingga saat ini, telah terdapat 4 edisi Invictus Games digelar, dan masing-masing sukses menarik ribuan penonton, para pemimpin dunia, dan berita utama.

Gelaran kompetisi Invictus Games telah melahirkan ratusan pesaing yang berasal dari lebih dua belas negara, termasuk Inggris, Yordania, hingga Selandia Baru.

Harry mendirikan yayasan tersebut setelah menghabiskan 10 tahun di Angkatan Bersenjata Inggris. Selama waktu tersebut, ia menyelesaikan dua tugas di Afghanistan dan bertugas sebagai pengendali udara garis depan dan pilot helicopter Apache.

Invictus Games telah menjadi fenomena dunia, mengubah kehidupan tentara di setiap benua. Untuk memperingati 10 tahun kompetisi tersebut, Harry merayakannya dengan melakukan kunjungan ke Inggris dan Nigeria.

| BACA JUGA : Disebut Idiot, Pangeran Harry Diejek Anak John Lennon

Harry juga tengah bersiap untuk gelaran Winter Invictus Games perdana, yang akan diselenggarakan di Whistler, Kanada tahun depan. Ia bersama istrinya, Meghan Markle, telah mengunjungi Kanada pada bulan Februari lalu, untuk memulai perayaan setahun menjelang cara besar tersebut.

Mengetahui kabar dirinya yang akan menerima penghargaan Pat Tillman di ESPYS 2024, Harry mengatakan bahwa hal tersebut akan ia persembahkan kepada seluruh komunitas yayasan Invictus Games.

“Penghargaan ini untuk seluruh komunitas layanan kami,” sebut Pangeran Harry.

Bersamaan dengan Pangeran Harry, terdapat juga ikon olahraga lain yang diumumkan akan menerima penghargaan tersebut. Itu termasuk kepala bola basket wanita Universitas South Carolina, Dawn Staley, yang akan diberi Penghargaan Jimmy V untuk Kegigihan. Juga mantan pemain bertahan NFL, Steve Gleason, yang akan menerima Penghargaan Arthur Ashe untuk Keberanian.

| BACA JUGA : Pangeran Harry Tolak Undangan Raja Charles untuk Tinggal di Royal Residence

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk memberikan penghargaan kepada tiga individu yang luar biasa, Steve Gleason, Down Staley, dan Pangeran Harry,” ucap keterangan Kate Jackson, VP, Produksi, ESPN dalam siaran persnya.

“Para penerima penghargaan ini telah menggunakan platform mereka untuk mengubah dunia dan membuatnya lebih inklusif bagi komunitas yang terpinggirkan dan menderita, menunjukkan ketahanan, kepositifan, dan ketekunan yang luar biasa, dan kami sangat gembira merayakannya di ESPYS 2024,” tutupnya.

Malam anugerah ESPYS dijadwalkan untuk digelar pada tanggal 11 Juli mendatang. Kegiatan tersebut disiarkan secara langusng di stasiun ABC pada jam 8 malam waktu setempat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here