Kaki Mudah Berkeringat? Begini Penjelasan Ahli dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Penyebab Kaki Berkeringat (Sumber foto : Pixabay)
Ilustrasi Penyebab Kaki Berkeringat (Sumber foto : Pixabay)

Kaki berkeringat bisa jadi masalah yang mengganggu saat beraktifitas, kondisi tersebut memang sangat tidaklah nyaman ditambah penggunaan kaos kaki yang terasa gerah.

Ahli Podiatrist, Emily Splichal mengatakan bahwa penyebab kaki berkeringat adalah karena penggunaan sepatu yang tertutup, suhu panas, gugup, dan stress.

“Kaki seringkali terjebak dalam kaus kaki dan sepatu yang tidak memungkinkan banyak aliran udara.” tambah dokter kulit Deanne Robinson seperti yang dikutip dari laman Shape.

Podiatrist sendiri adalah cabang dari ilmu kedokteran yang berfokus pada masalah kesehatan kaki. Mencakup tulang kaki, area sekitar pergelangan kaki, kuku dan jari-jemari, serta telapak kaki, dan bagian lainnya pada kaki.

| Baca Juga: Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening, Gorengan Termasuk! 

Jika pembaca kerap merasa kaki kalian berkeringat karena penyebab yang disebutkan di atas, kalian tidak perlu merasa cemas secara berlebihan. Namun, ada terdapat penyebab lain kaki dapat berkeringat yang jarang terdengar yaitu disebut hiperhidrosis.

Miguel Cunha yang merupakan ahli penyakit kaki yang berbasis di New York dan pendiri Gotham Footcare mencatat bahwa mereka yang memiliki kondisi tersebut kerap mengalami keringat secara berlebih pada area seperti ketiak, wajah, tangan, atau kaki. 

“Orang yang mengalami hiperhidrosis berkeringat sampai-sampai kelembaban benar-benar menetes dari kaki mereka,” kata Cunha.

Pada umumnya, hiperhidrosis disebabkan oleh kondisi medis, seperti diabetes, kanker, penyakit tiroid, menopause, atau obat-obatan tertentu. Tidak jarang juga hiperhidrosis dapat menjadi gangguan medis keturunan menurut Klinik Cleveland.

| Baca Juga: Wow! Kebiasaannya Kecil Ini Bisa Hilangkan Perut Buncit

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa cara untuk mengatasi kaki yang mudah keringat.

1. Merendam kaki dengan air dingin

2. Teteskan minyak tea tree dengan air hangat lalu digosokkan pada kaki berkeringat

3. Gosokkan tepung maizena pada area yang berkeringat

4. Oleskakn garam dan air lemon untuk menghilangkan keringat berlebih

5.Kurangi makanan pedas

6. Minum banyak air putih (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here