Fantastis, Lukisan Asli Cover Pertama Harry Potter Laku USD 1,9 Juta

Lukisan cat air asli karya Thomas Taylor yang dipakai untuk cover buku novel Harry Potter pertama, terjual dengan harga 1.9 juta dollar. (Foto: The Telegraph)
Lukisan cat air asli karya Thomas Taylor yang dipakai untuk cover buku novel Harry Potter pertama, terjual dengan harga 1.9 juta dollar. (Foto: The Telegraph)

Lukisan cat air asli yang dipakai untuk cover buku novel Harry Potter pertama, terjual dengan harga fantastis. Lukisan ilustrasi itu jadi benda Harry Potter termahal yang dilelang dengan harga $1,9 juta (sekitar Rp31,1 miliar), Rabu (26/6).

Karya seni Thomas Taylor yang dijual di Sotheby’s di New York itu ditampilkan di sampul edisi pertama novel Harry Potter and the Philosopher’s Stone yang terbit pada tahun 1997.

“Ilustrasi itu dikejar oleh empat penawar melalui telepon dan online selama hampir sepuluh menit sebelum dijual dengan tepuk tangan (harga fantastis),” kata rumah lelang Sotheby’s.

Sebelum lelang, karya ilustrasi itu diperkirakan terjual dengan harga tertinggi antara $400 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) hingga $600 ribu (sekitar Rp9,8 miliar). Namun, ternyata karya tersebut terjual dengan harga yang 3 kali lipat lebih mahal. Padahal, harga perkiraan itu sudah termasuk yang tertinggi dari barang Harry Potter yang lain.

| BACA JUGA : Pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe Raih Tony Award Pertamanya

“(Artwork ini menjadi) barang Harry Potter paling berharga yang pernah dijual di lelang,” sebut rumah lelang Sotheby’s dalam pernyataannya.

Ilustrasi karya Thomas Taylor itu pertama kali dilelang pada tahun 2001 di Sotheby’s yang berada di London. Dalam lelang pertama itu, karya ilustrasi tersebut dijual dengan harga 85.750 Euro atau setara 121.431 dollar AS pada saat ini.

Diceritakan, saat membuat sampul buku novel terlaris karya J.K. Rowling itu, Taylor masih berusia 23 tahun dan sedang bekerja di toko buku anak-anak. Menariknya, itu merupakan tawaran professional pertamanya. Ia juga menjadi orang pertama yang membaca salinan naskah awal novel tersebut, sebelum kemudian datang bersama karya ilustrasinya.

“Jadi, dia tahu tentang dunia sebelum orang lain, dan itu benar-benar terserah dia untuk memikirkan bagaimana dia memvisualisasikan Harry Potter,” ujar Kalika Sands, seorang spesialis buku di rumah lelang Sotheby’s.

| BACA JUGA : Selamat Jalan Michael Gambon! Begini Kisah Pemeran Dumbledore di Film Harry Potter

Taylor datang dengan gambar ilustrasi Harry Potter pertama, yang kini telah menjadi citra universal yang melekat pada karakter penyihir berkacamata tersebut. Buku itu dirilis pertama kali di London pada 26 Juni 1997.

“Sangat menarik untuk melihat lukisan yang menandai awal karir saya, beberapa dekade kemudian dan secerah sebelumnya,” ujar Taylor, yang kini menjadi illustrator dan penulis buku anak-anak.

“Saat saya menulis dan mengilustrasikan cerita saya sendiri hari ini, saya bangga melihat kembali awal yang begitu ajaib,” tandasnya.

| BACA JUGA : Trio Penyihir Harry Potter Reuni. Yuk Intip Potret Serunya!

Rekor barang Harry Potter termahal di lelang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2021. Itu ditetapkan untuk novel Harry Potter edisi pertama, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, yang tak ditandatangani dan sukses terjual dengan harga $421.000 (sekitar Rp6,9 miliar) di Heritage Auctions di Dallas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here