Kandasnya Mimpi Alejandra Rodriguez di Miss Universe 2024

Alejandra Marisa Rodriguez, Miss Buenos Aires, Argentina. Foto: Dok. GettyImages
Alejandra Marisa Rodriguez, Miss Buenos Aires, Argentina. Foto: Dok. GettyImages

Impian Alejandra Marisa Rodriguez untuk menjadi kontestan Miss Universe tertua dalam sejarah, kini harus sirna. Pasalnya, wanita berusia 60 tahun itu gagal untuk meraih mahkota Miss Argentina pada Sabtu (25/5) lalu.

Alejandra yang bekerja sebagai penasihat hukum di salah satu rumah sakit, telah membulatkan tekadnya untuk masuk dalam kompetisi ini. Aksinya ini medapatkan sorotan di seluruh dunia, sebab ia berhasil melawan stereotype bila beauty pageant hanya diikuti wanita muda saja.

Meski tak membawa pulang gelar Miss Argentina. Alejandra Marisa Rodriguez, berhasil mendapatkan gelar ‘best face’, yang merupakan salah satu kategori yang diperlombakan. Berapa kategori lain ada best evening gown, best swimsuit dan most elegant.

Selesai acara, Alejandra mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang mendukungnya. Ia mendapatkan banyak dorongan sejak kemenangannya di kompetisi Miss Buenos Aires bulan lalu. Kemenangannya itu, berhasil membuatnya menjadi pusat perhatian media lokal bahkan internasional.

| Baca Juga: Usia 60 Tetap Menawan, Ini Tips Cantik Miss Universe Buenos Aires 2024

Alejandra Marisa Rodriguez di kompetisi Miss Buenos Aires Juni lalu. Foto: Dok. Yahoo.life

Setelah Miss Universe menghilangkan batasan usia dari persyaratan peserta. Wanita yang tinggal di Kota La Plata, di sebelah selatan Buenos Aires ini dengan yakin bisa membawa cita-citanya menjadi lebih tinggi lagi.

Ia menegaskan kepada publik, bila umur hanyalah angka. Tak ada yang bisa menghalangi wanita untuk bisa meraih mimpi-mimpinya.

“Sebagai hasil dari apa yang terjadi pada saya, saya yakin sebuah pintu baru telah terbuka bagi banyak orang yang mungkin tidak mendapatkannya dengan mudah,” kata Rodríguez kepada The Associated Press.

“Ini adalah sebuah petualangan dan saya tidak memiliki ekspektasi apapun selain menerima tantangan baru,” ungkapnya

Selama beberapa tahun terakhir, gerakan #MeToo menjadi salah satu gerakan sosial paling berpengaruh di media sosial. Gerakan ini menciptakan kesadaran global tentang isu pelecehan seksuan dan pelecehan kekuasaan.

Miss Universe sendiri terkena getahnya. Dinilai sebagai ajang kompetisi yang hanya menampilkan wanita muda dan cantik saat berlenggak-lenggok di atas panggung, lalu dinilai oleh juri.

| Baca Juga: Sosok Alejandra Rodiguez, Miss Universe Buenos Aires Berusia 60 Tahun

Alhasil, Miss Universe menghapus beberapa syarat yang kontroversial, dengan membuka kesempatan bagi wanita yang sudah menikah, hamil, lesbian dan transgender untuk bisa mengikuti kompetisi tersebut.

Sementara itu, gelar Miss Argentina sendiri diraih oleh Magali Benejam. Seorang aktris dan model berusia 29 tahun dari Cordoba. Nantinya, ia akan mewakili Argentina di Mexico City untuk mengikuti Miss Universe pada bulan November mendatang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here