Wanita Kulit Hitam Pertama Pemenang Miss Universe Filipina

Chelsea Manalo, wanita kulit hitam pertama pemenang Miss Universe Filipina
Chelsea Manalo, wanita kulit hitam pertama pemenang Miss Universe Filipina

Chelsea Manalo baru saja dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina pada Rabu, 22 Mei 2024. Kemenangan ini membuatnya menjadi wanita kulit hitam pertama sebagai pemenang dalam kontes kecantikan di negara tersebut.

Dikutip dari CNN, Chelsea Manalo merupakan wanita blasteran, di mana ibu asal Filipina sementara ayah keturunan Afrika-Amerika. Kemenangan ini sekaligus mematahkan cita-cita kecantikan tradisional yang telah lama dipegang di negara Filipina.

“Kemenangan Chelsea menantang preferensi kita yang sudah mendarah daging terhadap kecantikan (fitur) Eurosentris dan kulit lebih cerah di negara kita,” tulis salah satu pengguna di akun resmi Miss Universe Filipina.

| Baca Juga: Ibu Mantan Miss USA 2023 Bongkar Alasan Putrinya Mundur

Warganet lainnya menanggapi kemenangannya dengan menulis, Standar kecantikan Filipina hancur berkeping-keping.”

Diketahui, Chelsea Manalo mewakili sebuah provinsi di utara Manila, Bulacan. Ia menyisihkan 52 kontestan lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.

Kompetisi diadakan di SM Mall of Asia Arena di Pasay. Saat kompetisi mengerucut ke lima finalis teratas, Manalo ditanya di atas panggung bagaimana dia akan menggunakan kecantikan dan kepercayaan dirinya untuk memberdayakan orang lain.

“Sebagai perempuan kulit hitam, saya selalu menghadapi tantangan dalam hidup saya. Sebenarnya saya diberitahu bahwa kecantikan itu ada standarnya,” katanya.

| Baca Juga: Miss Indonesia 2024 Siap Digelar, 38 Wanita Cantik Bersaing

Dia menambahkan, “Saya diajari untuk percaya pada ibu saya, selalu percaya pada diri sendiri, menjunjung tinggi sumpah yang Anda miliki.”

“Karena itu, saya sudah mempengaruhi banyak perempuan yang menghadapi saya saat ini,” katanya sambil menatap ke arena yang penuh sesak. 

Dalam sebuah video YouTube di Empire Philippines, Manalo, yang mulai menjadi model pada usia 14 tahun, menggambarkan rasa tidak amannya saat tumbuh dewasa.

“Saya tumbuh dengan rasa tidak aman karena saya selalu diintimidasi karena kulit dan jenis rambut saya.” ungkap Manalo.

Ia pun memuji teman-teman dan keluarganya karena membantunya untuk sadar bahwa dirinya cantik dengan cara yang luar biasa.

| Baca Juga: Nova Liana Terpilih Jadi Miss Mega Bintang Indonesia 2024

Selanjutnya, Manalo akan mewakili Filipina dalam kontes Miss Universe yang akan diadakan di Meksiko pada bulan September.

Dia akan bersaing untuk mendapatkan gelar kelima untuk negaranya, mengikuti jejak Gloria Diaz pada tahun 1969, Margie Moran pada tahun 1973, dan Pia Wurtzbach pada tahun 2015.

Catriona Gray adalah orang Filipina terakhir yang meraih gelar tersebut. memenangkan gelar pada tahun 2018.

Lebih dari 100 negara akan diwakili di Miss Universe 2024. Tahun ini kompetisi ini akan menghapuskan batas maksimal usia yang ditetapkan untuk para kontestan. Sebelumnya, mereka yang berkompetisi harus berusia antara 18 dan 28 tahun. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here