Kenali Undertone Kulit untuk Tentukan Makeup yang Cocok

Pentingnya mengetahui undertone kulit untuk menentukan makeup yang cocok. Foto: Dok. Freepik
Pentingnya mengetahui undertone kulit untuk menentukan makeup yang cocok. Foto: Dok. Freepik

Untuk menentukan makeup yang cocok bagi wajah kita, selain menentukan shade yang pas, mengetahui undertone kulit juga menjadi suatu hal yang penting.

Undertone kulit biasanya dibagi menjadi tiga yaitu warm, cool, dan neutral. Setiap orang tentunya memiliki undertone mereka masing-masing yang berbeda.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan sebuah produk makeup kadang terlihat bagus pada orang lain tetapi terkesan kurang menarik saat dikenakan oleh orang lainnya.

Oleh karena itu, mengetahui undertone kulit dapat sangat membantu untuk menemukan warna foundation, blush, bahkan lipstik yang cocok dengan pemakainya.

| Baca Juga : 3 Jenis Makanan Pemicu Timbulnya Komedo di Kulit Wajah

Selain persoalan makeup, baik bagi pria maupun wanita, mengetahui undertone juga dapat membantu kita menemukan warna pakaian dan aksesoris yang cocok dikenakan.

Untuk mengetahui undertone kulit, anda bisa melihat bagian pembuluh darah di bagian pergelangan tangan bawah. 

Jika pembuluh darah terlihat berwarna biru atau ungu, maka anda adalah cool. Jika terlihat warna hijau, maka anda berarti termasuk warm. Tetapi jika pembuluh darah memiliki warna campuran antara hijau dengan biru, maka kulit anda adalah neutral.

Selain dengan melihat pembuluh darah, cara lain untuk mengetahui undertone adalah dengan mencoba memakai perhiasan.

| Baca Juga : Hati-hati! Lip Scrub Ternyata Bisa Merusak Bibir

Jika kulit anda terlihat cocok mengenakan perhiasan dari emas, tembaga, atau kuningan, kemungkinan besar kulit anda adalah warm. Tetapi jika terlihat cocok saat mengenakan perhiasan dari perak atau platinum, maka kulit anda termasuk cool. Tetapi bila terlihat cocok mengenakan keduanya, berarti anda termasuk neutral.

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengetahui undertone adalah dengan memperhatikan perubahan kulit saat berada di bawah sinar matahari. 

Coba perhatikan apakah kulit anda akan berubah sedikit kuning atau keemasan atau mudah terbakar? Jika iya, maka kulit anda termasuk warm. Tetapi jika kulit cenderung memerah saat terkena sinar matahari, anda memiliki kulit cool undertone.

Itulah tadi beberapa cara untuk anda bisa mengetahui undertone kulit agar bisa menemukan makeup yang sesuai. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here