Bark Air, Maskapai Penerbangan Baru Khusus Layani Anjing

Anjing menunggu untuk naik pesawat saat acara pers memperkenalkan BARK Air, maskapai penerbangan untuk anjing, di Bandara Republic di East Farmingdale, New York, 21 Mei 2024. (Foto: REUTERS/Eduardo Munoz)
Anjing menunggu untuk naik pesawat saat acara pers memperkenalkan BARK Air, maskapai penerbangan untuk anjing, di Bandara Republic di East Farmingdale, New York, 21 Mei 2024. (Foto: REUTERS/Eduardo Munoz)

Di maskapai ini, bukan hanya manusia yang bisa menikmati penerbangan kelas satu. Di BARK Air, para anjing lah yang justru paling diistimewakan dan dimanjakan. Mereka bisa terbang di kelas satu. First class.

Sejak awal, BARK Air memang ingin memanjakan hewan peliharaan dan pemiliknya. Bahkan sebelum lepas landas dan melakukan penerbangan perdana dari New York ke Los Angeles pada hari Kamis (23/5/2024), ide memanjakan hewan peliharaan itu telah lama ada.

CEO BARK Air Matt Meeker, mengatakan ide bisnisnya datang dari perjuangan mengangkut Hugo, seekor anjing Great Dane miliknya.

“Saya tidak bisa melakukan perjalanan jarak jauh bersamanya dan berpikir harus ada maskapai penerbangan yang melayani anjing,” kata Meeker, yang juga mendirikan BarkBox, layanan berlangganan produk anjing milik Bark Inc.

| Baca Juga: 5 Anjing Penyelamat di Ekuador Dipensiunkan

“Kami memberikan segalanya kepada anjing, mencoba menurunkan kecemasan dan stresnya, sehingga mereka mendapatkan pengalaman paling nyaman dan bebas rasa takut di pesawat,” ujar Meeker.

Di BARK Air, pengalaman yang mengutamakan anjing dimulai dari ruang tunggu yang penuh dengan camilan dan check-in cepat. BARK Air juga menawarkan spa di dalam pesawat untuk anak-anak anjing dan menu yang menampilkan “sampanye anjing” dan “barkaccino”.

Perusahaan menargetkan penjualan 10 tiket per penerbangan untuk memberi ruang bagi 10 anjing, meskipun pesawat mewah tersebut dapat menampung hingga 15 orang.

Tiket untuk satu orang dan satu anjing berharga Rp128,5 juta ($8,000) untuk penerbangan internasional satu arah atau Rp96,3 juta ($6,000) untuk perjalanan domestik. Meeker mengatakan harga itu masih bisa turun di masa depan.

“Saat ini kami mengalami kerugian saat memulainya. Idenya adalah seiring berjalannya waktu, kami memiliki jalur yang cukup jelas untuk menurunkan harga bagi konsumen dan menurunkan biaya. Dan hal ini disertai dengan skala dan rute yang lebih banyak,” kata Meeker.

| Baca Juga: Hasut Anjingnya Bunuh Kucing, Pria di Korsel Dihukum Denda

Saat ini, rute BARK terbang antara New York City, Los Angeles, dan London.

Perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menambah penerbangan ke Paris, Milan, Chicago, Seattle, dan tujuan musiman di Florida dan Arizona setelah menerima 15.000 permintaan tujuan baru.

“Saya berharap kami dapat menciptakan pengalaman yang menjangkau setiap keluarga yang ingin bepergian bersama seluruh keluarganya seperti yang mereka lakukan dengan anak-anak mereka,” ungkap Meeker. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here