Tak Hanya Seru, Ini Manfaat Bermain di Playground Bagi Anak

Ilustrasi manfaat playground bagi anak yang perlu diketahui para orang tua. (Foto: Agnes/Nyata)
Ilustrasi manfaat playground bagi anak yang perlu diketahui para orang tua. (Foto: Agnes/Nyata)

Mengajak anak bermain di playground, terlebih saat akhir pekan merupakan salah satu cara kreatif untuk mendorong tumbuh kembang anak.

Tidak hanya menyenangkan, bermain di playground juga dapat membantu anak meningkatkan berbagai keterampilan yang krusial di masa pertumbuhan. Berikut rangkuman manfaat playground bagi anak yang dihimpun oleh Nyata.

  1. Perkembangan Fisik

Playground memberikan ruang bagi anak-anak untuk bergerak, berlari, dan bermain secara bebas, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan fisik mereka. Aktivitas ini membantu meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan otot.

2. Perkembangan Sosial

Playground menjadi tempat bagi interaksi sosial antar anak-anak sebaya, memungkinkan mereka membangun kemampuan sosial, seperti berkomunikasi dan bekerja sama. Interaksi ini juga dapat meningkatkan kemampuan empati dan kesadaran sosial.

| Baca Juga: Persiapan Tumbuh Kembang Anak ala Ibu Cerdas Zaman Now

3. Belajar Bersosialisasi

Anak akan menemukan banyak teman baru ketika berada di taman. Anak akan tertarik untuk mendekatkan diri, mengajak berkenalan, belajar berempati dan bersosial kepada teman sebayanya.

4. Membantu Perkembangan Otak

Bermain di playground bisa membantu anak-anak untuk mempraktikkan semua yang telah dipelajari, hal ini tentunya dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, manfaat bermain di playground juga bisa menambah kemampuan kognitif anak, misalnya dalam memahami konsep dari setiap permainan yang ada.

5. Membantu Mengembangkan Imaginasi

Permainan yang ada di playground dibangun khusus untuk meningkatkan minat dan melatih pikiran anak-anak. Setiap tema, warna, dan rintangan yang ada dirancang untuk mendorong anak-anak untuk berpikir dan mengeksplorasi imajinasi mereka.

Untuk itu, bagi orang tua, setidaknya bisa memilih tempat bermain untuk anak-anak, yang setidaknya memiliki sejumlah manfaat signifikan dalam perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif mereka.

| Baca Juga: Protein Hewani dan Nabati, Manakah yang Lebih Baik Untuk Penuhi Kebutuhan Gizi?

Itu lah manfaat playground bagi anak. Menurut salah seorang pelaku industri yang fokus di bidang taman bermain anak atau playground, Lee Rance mengatakan setiap tempat bermain harus mengutamakan higienitas dan keamanan.

“Di area organic seed, misalnya, tidak menggunakan pasir sebagai media. Melainkan biji-bijian, sehingga aman jika tak sengaja tertelan oleh anak,” katanya Kamis (25/4/2024).

Menurut Lee, pihaknya menyadari bahwa setiap anak punya gaya belajar sendiri dan hal ini membuat mereka unik. Oleh karena itu, mereka mengintegrasikan pendekatan Reggio Emilia untuk menginspirasi anak-anak dalam mengeksplorasi berbagai cara untuk mengembangkan delapan jenis ‘kecerdasan’.

“Pendekatan Reggio Emilia memprioritaskan lingkungan positif yang mendorong eksplorasi, kreativitas, dan kolaborasi. Pendekatan ini memberdayakan anak-anak untuk menjadi pembelajar aktif yang membangun pemahaman mereka sendiri tentang dunia,” ujarnya.

| Baca Juga: Permainan untuk Tingkatkan Kemampuan Matematika Anak

Sedangkan pendekatan STEAM menurutnya juga penting dalam proses bermain bagi anak. STEAM sendiri adalah pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika ke dalam kurikulum yang saling berhubungan.

Pendekatan ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah anak-anak. “Setiap area permainan didesain dengan cermat untuk mendorong anak-anak mengasah kreativitas, eksplorasi, dan menciptakan kembali permainan untuk membantu mengembangkan keterampilan fisik, kognitif, sosial, dan motorik,” terangnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here