Fakta Ambruknya Jembatan Baltimore Usai Ditabrak Kapal Kargo

Kondisi Jembatan Baltimore usai ditabrak kapal kargo Dali. (Foto: Dok. CBC News)
Kondisi Jembatan Baltimore usai ditabrak kapal kargo Dali. (Foto: Dok. CBC News)

Sebuah kapal kargo bernama Dali menabrak salah satu tiang penyangga Jembatan Francis Scott Key di Sungai Patapsco, Kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat pada Selasa (26/3/2024) lalu. Jembatan Baltimore sepanjang 2,6 kilometer itu pun langsung ambruk.

Mengutip dari laman Aljazeera, kecelakaan bermula dari kapal Dali meninggalkan pelabuhan Baltimore sekitar 12.45 waktu setempat. Baru saja berangkat, kapal dengan panjang 300 meter itu kehilangan kendali. Tepat pukul 13.30, kapal menabrak jembatan.

Sebanyak 22 awak dan dua nahkoda di dalam kapal Dali diketahui keberadaannya dalam kondisi tanpa cedera. Namun, enam dari delapan orang yang berada di jembatan Baltimore, menghilang pada saat tabrakan terjadi.

Mereka merupakan kru konstruksi yang sedang bertugas mengisi lubang di jembatan. Saat terjadi tabrakan, diduga mereka tercebur bersama sejumlah kendaraan ke dalam Sungai Patapsco.

| Baca Juga: Aktor Christian Oliver dan Putrinya Meninggal Kecelakaan Pesawat

Dari keenam orang menghilang itu, dua di antaranya sudah ditemukan di dalam truk pikap merah dari lokasi runtuhnya Jembatan Francis Scott Key pada Rabu pagi (28/3/2024).

Dilansir dari laman CBC News, Kolonel Polisi Negara Bagian Maryland Roland Butler mengatakan penyelam menemukan dua pria yang diidentifikasi bernama Alejandro Hernandez Fuentes (35 tahun) dan Dorlian Ronial Castillo Cabrera (26 tahun).

Keduanya ditemukan sekitar pukul 10.00 pagi di kedalaman air sekitar 25 kaki. Beruntung dua pekerja konstruksi itu berhasil selamat. Namun empat orang hilang lainnya masih terus dicari tim penyelamatan.

“Kami tidak percaya bahwa kami akan menemukan beberapa orang masih hidup usai terjatuh akibat jembatan runtuh,” kata Laksamana Muda Penjaga Pantai Shannon Gilreath.

| Baca Juga: 21 Turis Tewas dalam Kecelakaan Bus di Venesia

Ambruknya Jembatan Baltimore memunculkan beberapa fakta terungkap.

1. Kapal Dali Kehilangan Kendali Karena Mesin Mati

KEHILANGAN KENDALI: Kapal Kargo Dali menabrak Jembatan Baltimore. (Foto: Dok. CBS News)
KEHILANGAN KENDALI: Kapal Kargo Dali menabrak Jembatan Baltimore. (Foto: Dok. CBS News)

Mengutip dari CBC News, ada memo rahasia yang dikeluarkan oleh CISA, Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur setempat. Isinya tentang laporan tenaga penggerak atau mesin kapal mati saat meninggalkan Pelabuhan Baltimore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here