J.K. Rowling Murka Transgender yang Jadi Pembunuh Disebut ‘Wanita’

Foto: Dok. ThamesValleyPolice/jkrowling.com

J.K. Rowling memberi kritikan keras kepada Sky News di X (sebelumnya Twitter), setelah memuat berita tentang seorang perempuan berusia 26 tahun, yang dipenjara karena kasus pembunuhan. Penulis novel Harry Potter itu bukan menyoroti kasusnya, melainkan keputusan Sky News yang menyebut pelaku sebagai ‘wanita’ bukan ‘wanita transgender’.

Bermula dari kasus Scarlet Blake yang dinyatakan bersalah, karena membunuh seorang pria bernama Jorge Martin Carreno. Ia memukul Jorge sebelum mendorongnya ke Sungai Cherwell di Oxford pada Juli 2021. Peristiwa mengerikan ini terjadi setelah empat bulan sebelumnya, ia menyiarkan secara live aksinya membunuh seekor kucing.

Baca Juga: 20 Tahun Berlalu, Daniel Radcliffe Buat Pengakuan Mengejutkan soal Harry Potter

Hakim yang menangani kasus itu mengatakan bahwa Blake terinspirasi oleh film dokumenter Netflix Don’t F*** With Cats. Blake sendiri merupakan seorang wanita transgender. BBC melaporkan bahwa Blake akan menjalani hukuman seumur hidup di penjara khusus pria.

“Saya sangat muak dengan omong kosong ini,” tulis J.K. Rowling menanggapi berita Sky News yang tidak mengidentifikasi Blake sebagai wanita transgender dalam tweet-nya.

“Ini bukan seorang wanita. Ini adalah #BukanKejahatanKita,” imbuhnya.

Penulis Harry Potter itu kemudian membagikan ulang sebuah tulisan dari salah satu jurnalis The Guardian, Louise Tickle yang turut mengecam medianya sendiri karena tidak menyebut Blake sebagai seorang wanita transgender.

J.K. Rowling dengan tegas mengatakan bila ia setuju dengan setiap kata yang ditulis Louise Tickle dalam akun X-nya.

Baca Juga: Liga Utama Olahraga Sihir Quidditch Akan Diselenggarakan di Inggris

Dalam beberapa tahun terakhir, Rowling telah menuai kontroversi karena komentarnya yang dianggap sebagai anti-trans. Dia secara terang-terangan menyukai tweet yang mengutuk gerakan hak-hak transgender di tahun 2017. Setahun setelahnya, ia kembali membuat kontroversi setelah menyukai tweet, yang menyebut bila wanita transgender  adalah ‘pria yang berpakaian perempuan’.

Komentar Rowling tentang komunitas transgender telah dikritik oleh para aktor dari film-film yang diangkat dari buku-bukunya, termasuk Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint dan Eddie Redmayne. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here