Wow! Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Bisa Hilangkan Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit. Foto: Dok. pexels/towfiqu barbhuiya
Ilustrasi perut buncit. Foto: Dok. pexels/towfiqu barbhuiya

Perut buncit terkadang membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Selain itu, kondisi ini juga tidak sehat karena bisa memicu penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Tapi jangan khawatir, sebab beberapa kebiasaan kecil ini ternyata dapat membantu mengecilkan perut buncit. Apa saja kebiasaan itu? Berikut rangkumannya,

1. Olahraga angkat beban

Cobalah untuk rutin olahraga angkat beban.  Tidak hanya membantu mengecilkan perut buncit, olahraga ini juga bisa menambah massa otot.

Hasil studi dari Harvard School of Public Health menyimpulkan bahwa rutin olahraga angkat beban dapat mengurangi risiko obesitas bagi pria dewasa. Sementara itu, merujuk pada penelitian dari University of Maryland, olahraga angkat beban selama 16 minggu dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 7,7 persen.

2. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, dan daging sapi rupanya bisa membantu mengecilkan perut buncit. Sebab makanan yang mengandung protein tinggi meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan jadi berkurang.

3. Rajin bergerak

Selain menjaga pola makan, tubuh juga harus terus bergerak setiap hari. Cobalah untuk lakukan olahraga ringan seperti jogging sebanyak 4 kali seminggu selama 30 menit. Hal tersebut sudah dapat membantu membakar kalori. 

| Baca Juga: Ariel Tatum Cerita Soal Dietnya. Masih Bisa Makan Gorengan!

4. Hindari makanan dan minuman manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis juga tidak dianjurkan. Sebab, gula mengandung fruktosa yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mendatangkan penyakit seperti diabetes tipe 2.

Sehingga yang perlu  Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi gula, maka perut buncit akan menghilang.

5. Minum air putih

Kebiasaan kecil yang bisa mengecilkan perut buncit adalah minum air sebelum makan. Idealnya minum air putih 30 menit sebelum makan. Sebab kebiasaan itu bisa memberikan efek mengenyangkan bagi perut. Sehingga saat makan Anda tidak akan mengambil porsi besar.

6. Tidur cukup

Sering begadang ternyata bisa bikin perut buncit. Sehingga Anda harus mengurangi kebiasaan tersebut dan mulailah tidur yang cukup. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur selama 6-7 jam setiap malam memiliki kadar lemak perut (visceral fat) lebih sedikit daripada orang yang tidur kurang dari 5 jam.

Agar hasilnydana efektif, imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi buah dan sayur, serta berolahraga.

| Baca Juga: Lakukan Diet Ekstrem, Andy Lau Tidak Makan Nasi 10 Tahun

7. Kelola stres

Seseorang yang mengalami stres cenderung melampiaskannnya ke makanan. Sehingga tak sedikit dari mereka menjadi lebih banyak makan. Hal itu dipengaruhi oleh hormon kortisol yang diproduksi tubuh. Hormon kortisol dapat meningkatkan nafsu makan hingga berkali-kali lipat.

Apalagi kebanyakan seseorang yang stres akan mengonsumsi camilan, junk food atau makanan instan lainnya. Padahal makanan tersebut tidak sehat loh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here