Ribuan Masyarakat Meriahkan Surabaya Medic Air Run 2024

Surabaya Medic Air Run 2024. (Foto: Ikhsan/Nyata)
Surabaya Medic Air Run 2024. (Foto: Ikhsan/Nyata)

Ribuan peserta memeriahkan acara Surabaya Medic Air Run 2024 yang digelar Minggu (26/5/2024) pagi. Acara ini merupakan bagian dari salah satu rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731.

Acara ini diselenggarakan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) di Halaman Kampus A Unair, Surabaya.

Para pelari tampak antusias mengikuti acara ini. Bahkan, jumlah peserta meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Tak hanya masyarakat Surabaya, acara ini juga di meriahkan oleh masyarakat dari luar Kota bahkan luar Jawa Timur. Surabaya Medic Air Run 2024 diberangkatkan langsung oleh Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Jatim Moh. Ali Kuncoro, Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim Prof. dr. Erwin Astha Triyono.

| Baca Juga: Serunya Memasak Thai Milk Bun dan Cake Pop Bareng Chef Muda

Selain itu juga terdapat sejumlah pimpinan FK Unair, termasuk Dekan Fakultas, Prof Dr. dr .Budi Santoso SpOG (K). Mereka semua ikut berpartisipasi berlari sejauh 5 kilometer.

Dalam sambutannya, Adhy mengatakan acara ini bukan hanya sebatas olahraga, melainkan sebagai ajang promosi hidup sehat bagi masyarakat.

“Ini event yang luar biasa, karena yang mengadakan semua adalah dokter. Kita masih perlu banyak hal untuk bisa menjadikan olahraga sebagai bagian penting dari kehidupan kita,” ujarnya.

Ia berharap acara ini mampu mempererat tali silaturahmi di antara seluruh lapisan masyarakat, terlebih lagi warga Kota Pahlawan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk saling menjaga suasana akrab, guyub dan meriah. Sehingga keharmonisan di masyarakat, khususnya masyarakat Surabaya terjaga dengan baik,” ungkapnya.

| Baca Juga: Kang Hoon Jadi Anggota Sementara Running Man

“Mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Kota Surabaya adalah masyarakat yang dewasa dalam bertindak, cerdas dalam berpikir, santun dalam bersikap dan selalu menjaga kondisi daerahnya aman dan damai,” sambungnya.

Peserta Surabaya Medic Air Run 2024. (Foto: Ikhsan/Nyata)
Peserta Surabaya Medic Air Run 2024. (Foto: Ikhsan/Nyata)

Sementra Ketua Pelaksana Surabaya Medic Air Run 2024, Dr dr Yan Efrata Sembiring SpBTKV(K), mengatakan acara ini merupakan agenda tahunan dari FK Unair sejak tahun 2023.

Namun, pada tahun ini terdapat penambahan nama dari sebelumnya, Medic Air Run menjadi Surabaya Medic Air Run. Ini sesuai permintaan Pemkot Surabaya karena bertepatan dengan HJKS ke-731 Surabaya.

“Event ini adalah upaya dari FK Unair dalam menggalakkan minat masyarakat dalam berolahraga yakni lari, yang mana lari adalah olahraga paling simpel, mudah, murah yang bisa dilakukan masyarakat dan juga sudah dibuktikan dari berbagai macam penelitian bahwa dengan lari intensitas ringan yang dilakukan secara teratur 30 menit dalam satu hari 5 kali dalam satu minggu ternyata mampu menjaga kualitas jantung dan pembulu darah untul mencegah dari serangan jantung maupun stroke,” katanya saat ditemui di sela-sela acara.

| Baca Juga: Viral Video Siswi SMP di Tegal Alami Perundungan Adik Kelas

Kata dr Yan, pada tahun ini masyarakat sangat antusias, bahkan jumlah peserta naik cukup drastis dari sebelumnya hanya 1.800 menjadi 3.100 peserta.

“Jadi selain dari Kota Surabaya, juga kota-kota lain sekitar Jawa Timur, kemudian Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Belanda yang kebetulan liburan disini dan paling jauh dari Ambon yang datang khusus untuk ikut lari,” ujarnya.

Sebagai informasi, event Surabaya Medic Air Run 2024 ini terbagi dalam dua rute, yakni rute sepanjang 10 K dan rute 5 K.

“Ada tiga kategori yaitu open untul peserta dibawah 45 tahun, master di atas 45 tahun, dan civitas artinya untuk alumnus dari Unair. Ketiga kategori itu dibagi menjadi pria dan wanita, dibagi juga 5 dan 10 Kilometer,” terang dr Yan.

Sementara untuk rute 10 K dengan start di halaman kampus A – Jl. Karang Menjangan – Jl  Moestopo – Jl. Pemuda – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Embong Malang – Jl. Praban – Jl. Tunjungan – Jl. Gubernur Suryo – Jl. Yos Sudarso – Jl. Gubeng Pojok dan Finish di Halaman Kampus A

Kemudian untuk rute 5 K, start halaman kampus A – Jl. Karang Menjangan – Jl  Moestopo – Jl. Pemuda – Jl. Yos Sudarso – Jl. Gubeng Pojok dan Finish di Halaman Kampus A. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here