Bukan Ditembak? Ini Penyebab Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Penyebab kecelakaan helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi bukan karena ditembak. Foto: Dok. X @khamenei_ir
Penyebab kecelakaan helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi bukan karena ditembak. Foto: Dok. X @khamenei_ir

Laporan penyelidikan pertama terkait penyebab kecelakaan helikopter dari Presiden Iran, Ebrahim Raisi, telah dirilis oleh pihak berwenang.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran yang bertanggung jawab atas penyelidikan kasus kecelakaan helikopter Presiden Ebrahim Raisi merilis laporan awal mereka dari hasil yang telah mereka temukan.

Dalam laporannya, disebutkan bahwa kecelakaan helikopter dari Presiden Ebrahim Raisi murni karena adanya kecelakaan menabrak pegunungan lalu terbakar.

Sebelumnya setelah kabar kecelakaan helikopter dari Ebrahim Raisi ini dirilis, muncul desas-desus menyebut adanya aktor lain yang terlibat dalam kecelakaan ini. Disebutkan pula bahwa ada dugaan jika helikopter yang ditumpangi Presiden Iran ditembak jatuh.

| Baca Juga: Iran Umumkan 5 Hari Berkabung Kenang Presiden Ebrahim Raisi

Ada pula kecurigaan yang mempertanyakan alasan pihak penerbangan mengizinkan helikopter terbang saat cuaca buruk, atau kemungkinan Ebrahim Raisi yang akan menjadi calon pemimpin agung Iran selanjutnya, meninggalkan misteri apakah kecelakaan helikopter ini memang murni kecelakaan yang tak bisa dihindari.

Berdasarkan laporan yang dirilis pada 23 Mei lalu, helikopter tersebut sudah berada di jalur penerbangan yang telah ditentukan saat kemudian terjatuh.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran menyatakan bahwa tidak ada bekas peluru ataupun bukti kerusakan serupa yang ditemukan pada bagian-bagian helikopter di lokasi kecelakaan.

Pilot yang menerbangkan helikopter dinyatakan sempat berkomunikasi dengan dua helikopter lain yang mengiringi sekitar satu setengah menit sebelum pesawat akhirnya terjatuh. Tetapi dari hasil penyelidikan menyatakan tidak ada aktivitas dan komunikasi mencurigakan dari pilot helikopter yang ditumpangi Ebrahim Raisi dengan dua helikopter lain maupun dengan petugas di menara kendali.

| Baca Juga: Pemimpin Agung Iran Pimpin Sholat Jenazah Presiden Ebrahim Raisi

Dengan dirilisnya hasil penyelidikan ini, maka menghentikan berbagai spekulasi yang menyeret negara lain maupun dugaan tak berdasar terhadap kematian Presiden Iran.

Sementara itu, jenazah Presiden Ebrahim Raisi telah dimakamkan pada hari Kamis (23/5) lalu di Masjid Makam Imam Reza di Masyhad.

Selain Presiden Ebrahim Raisi, kecelakaan helikopter ini juga menewaskan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, dan beberapa pejabat lainnya yang ikut serta menaiki helikopter sebagai penumpang. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here