Kenali Sejak Dini Penyakit Kanker Payudara yang Mematikan

ILUSTRASI: Kenali risiko penyakit kanker payudara. (Foto: Dok. Pop Sugar)
ILUSTRASI: Kenali risiko penyakit kanker payudara. (Foto: Dok. Pop Sugar)

Banyak perempuan mengkhawatirkan kanker payudara karena penyakit ini mematikan. Tapi hal itu bisa dicegah jika tahu skor penilaian risikonya. Satu-satu cara adalah rutin melakukan skrining.

Ketika seseorang ingin skrining kanker payudara, yang terlintas dalam benak kepala pasti harus tes genetik dan mammogram. Namun tenyata banyak dokter justru menyarankan uji skor penilaian risiko terlebih dahulu.

Alat yang digunakan untuk menyaring tingkat keparahan kanker payudara tidak memerlukan pemeriksaan fisik apa pun. Hanya sebatas serangkaian pertanyaan sederhana sebagai tes skor penilaian.

Dilansir dari laman Pop Sugar, Ahli Onkologi Payudara di Memorial Sloan Kettering Cancer Center Neil Iyengar, MD., mengatakan skor penilaian kanker payudara dapat membantu pasien memahami tingkat risiko yang dideritanya.

| Baca Juga: Perjuangan Nunung Sembuh dari Kanker Payudara

“Sehingga memungkinkan penanganan yang tepat untuk bisa bertahan hidup dari penyakit kanker,” katanya yang dikutip Tabloid Nyata dari laman popsugar.com pada Selasa (26/3/2024).

Lantas apa saja pertanyaan yang dipakai dalam penilaian risiko kanker payudara? Ada beragam model. Paling umum disebut Model Gail yang mempertimbangkan tujuh faktor risiko penting. Yakni:

  1. Usia
  2. Ras/etnis
  3. Riwayat keluarga menderita kanker payudara
  4. Jumlah biopsi payudara sebelumnya
  5. Jumlah biopsi payudara yang menunjukkan hiperplasia atipikal, lesi payudara abnormal, yang tidak diklasifikasikan sebagai karsinoma.
  6. Usia pada periode pertama
  7. Usia saat melahirkan anak pertama (atau belum melahirkan)

| Baca Juga: Jalani Operasi Kanker di Singapura, Alice Norin: Seperti Diberi Mukjizat

Ada juga penilaian risiko kanker payudara yang lebih menyeluruh yang disebut Model Tyrer-Cuzick. Versi ini juga mempertimbangkan tahapan menopause, kepadatan payudara (yang sekarang kita ketahui merupakan faktor risiko independen kanker payudara) dan riwayat keluarga tambahan.

Jawaban pasien dalam pertanyaan di atas akan dinilai oleh dokter. Hasilnya dibuat skor. Menurut Columbia University Irving Medical Center, risiko tinggi breast cancer seumur hidup berkisar antara 20 hingga 25 persen.

Olivia Munn mengidap penyakit kanker yang berhasil diobati usai menjalani skor penilaian risiko sejak dini. (Foto: Instagram @oliviamunn)
Olivia Munn mengidap penyakit kanker yang berhasil diobati usai menjalani skor penilaian risiko sejak dini. (Foto: Instagram @oliviamunn)

Baru-baru ini, misalnya, Olivia Munn memuji skor penilaian risiko breast cancer karena telah menyelamatkan nyawanya. Dalam unggahannya di Instagram @oliviamunn pada 13 Maret 2024, dia berbagi pengalaman.

Penilaian risikonya menunjukkan perkiraan risiko seumur hidup sebesar 37 persen. Dokternya merekomendasikan pemeriksaan lanjutan, dan hasilnya menunjukkan adanya kanker Luminal B di kedua payudara.

| Baca Juga: Kate Middleton Idap Kanker: Minta Privasi dan Fokus Kemoterapi

Itu adalah kanker yang cepat menyebar. Karena Munn mengidap penyakit itu sejak dini, dia berhasil diobati. Pengalaman Munn ini bisa ditiru oleh semua perempuan di dunia, terutama Indonesia, untuk tidak takut terhadap breast cancer.

Muncul sebuah pertanyaan lain, mulai kapan perempuan bisa mengenali dirinya terkena breast cancer? Mengutip dari Pop Sugar, kanker terjadi pada usia muda di sebuah keluarga.

Jadi ketika hal itu terjadi, seseorang harus mulai melakukan skrining 10 tahun lebih muda dari orang termuda di keluarga Anda.

Artinya, jika ada anggota keluarga yang mengidap kanker payudara ketika mereka berusia 35 tahun, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan penilaian risiko kanker payudara pada usia sekitar 25 tahun.

“Mengetahui riwayat keluarga tersebut dan membicarakannya dengan dokter Anda adalah awal yang baik,” ujar dr. Grey kepada Pop Sugar yang dikutip Tabloid Nyata. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here