3 Jenis Makanan Pemicu Timbulnya Komedo di Kulit Wajah

Foto: Dok. Pinterest

Selain jerawat, komedo juga menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami banyak orang. Bila tidak ditangani dengan baik, maka komedo bisa mengubah tekstur kulit menjadi lebih kasar. Selain itu, munculnya komedo juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Biasanya, komedo terbentuk dari debu dan kotoran yang mengendap di kulit wajah. Apalagi bagi pemilik kulit berminyak, maka sangat rentan timbul jerawat dan komedo secara bersamaan.

Dilansir dari YouTube Kata Dokter, komedo sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yakni whiteheads (komedo warna putih) dan blackheads (komedo warna hitam). Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SPKK), Atika Kusuma Dewi, menjelaskan bila komedo adalah gejala ringan dari timbulnya jerawat.

Kadang-kadang pasien bilang ‘saya enggak jerawatan loh dok’ tapi ternyata dia mengeluhkan adanya komedo,” ujar dokter Atika Kusuma Dewi, Sp.KK.

Baca Juga: Catat! Ginseng Memiliki Khasiat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Meski begitu, komedo juga harus dihilangkan. Cara paling cepat untuk menghilangkannya adalah dengan eksfoliasi. Bisa menggunakan produk skincare untuk eskfoliasi, atau memakai scrub dan masker dari bahan alami.

Selain rutin dieksfoliasi, jangan lupa untuk selalu jaga pola makan. Beberapa makanan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, sebab bisa merangsang kelenjar minyak menjadi lebih banyak.

Ada tiga jenis makanan yang perlu dibatasi, diantaranya adalah:

Pertama, Makanan yang mengandung tinggi lemak. Jelas jenis makanan seperti ini bisa membuat wajah makin berminyak. Bila wajah lembap, maka debu dan kotoran akan mudah menempel. Sehingga komedo bisa bermunculan setelahnya.

Kedua, Makanan yang mengandung tinggi gula. Asupan jenis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Sehingga bisa memicu hormon insulin yang membuat produksi sebum meningkat. Ini yang perlu diwaspadai, karena jerawat juga bisa muncul.

Baca Juga: Cara Mencegah Heat Stroke Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Ketiga, makanan yang mengandung tinggi protein. Studi mengungkapkan, bila mengkonsumsi protein berlebihan maka dapat mengaktivasi kompleks protein, yang bisa mempengaruhi produksi sebum, sekaligus meningkatkan pertumbuhan sel kulit mati.

Selain menjaga pola makan, ada baiknya juga memperbaiki pola hidup dengan rutin berolahraga dan tidak begadang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here