Tips Memilih Koper yang Aman dan Nyaman untuk Traveling

Pemilihan Koper sesuai kebutuhan menjadikan aktivitas traveling-mu nyaman. (Foto: Naomi/Nyata)
Pemilihan Koper sesuai kebutuhan menjadikan aktivitas traveling-mu nyaman. (Foto: Naomi/Nyata)

Traveling ke berbagai tempat indah di tanah air maupun luar negeri pastinya menjadi impian banyak orang. Satu hal yang harus dipersiapkan dan dipikirkan sebelum melakukan jalan-jalan adalah koper.

Koper untuk traveling harus sesuai kebutuhan dan gaya perjalanan setiap orang. Tujuannya tidak lain adalah memastikan pengalaman traveling yang lancar dan tetap nyaman. ]

“Koper digunakan terutama bagi yang suka kepraktisan. Sebab, dengan koper, kamu nggak perlu lagi menenteng atau membawa ransel yang berat,” kata Billy Adi Wijaya, Founder Baller Indonesia.

Billy mengatakan bila ingin traveling di daerah-daerah Indonesia, yang tidak mengenal musim dingin, maka pemilihan koper itu standar.

“Yang pertama lebih ke materialnya dulu. Saya saranin (material) polycarbonate dan aluminium itu dua material yang paling baik buat koper. Yang kedua, partnya seperti roda, handle, kita juga harus memperhatikannya. Karena biasanya orang ganti koper itu karena partnya yang rusak, bukan karena bodynya yang sobek atau penyok,” papar Billy.

| Baca Juga: YouTuber Nessie Judge Anggap Traveling Sebagai Investasi

Billy kemudian memberikan tips apabila melakukan perjalanan internasional dengan berbagai aturan koper tertentu dan membawa banyak barang.

1. Perhatikan Ukuran Koper

Ketika kita merencanakan perjalanan, memilih koper yang tepat adalah langkah penting yang akan memengaruhi kenyamanan, mobilitas, dan keseluruhan pengalaman saat bepergian. Saat memilih ukuran koper, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipikirkan.

Jangan asal memilih koper dengan ukuran besar karena kita bisa kesulitan ketika membawanya. “Menggunakan transportasi umum dengan membawa koper berukuran besar pasti akan merepotkan, apalagi kalau kita hanya pergi dalam waktu singkat,” ujar Billy.

Di sisi lain, koper ukuran kecil juga tidak bisa menampung banyak barang bawaan. Sebab Itu pilihlah ukuran koper yang sesuai dengan kebutuhan traveling. “Ketahui dahulu berapa lama dan ke mana tujuan kamu pergi sehingga tidak ada hambatan ketika traveling,” imbuhnya.

2. Dimensi dan Berat Koper

Banyak maskapai memiliki batasan tertentu untuk dimensi dan berat bagasi yang dapat dibawa, tanpa dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih koper yang sesuai dengan aturan maskapai yang akan digunakan.

“Pastikan dimensi koper kita tidak melebihi batas yang ditetapkan oleh maskapai, dan perhatikan juga berat koper agar tidak melebihi batas yang ditentukan. Koper yang terlalu besar atau berat dapat mengakibatkan biaya tambahan atau bahkan masalah saat proses check-in di bandara,” tandasnya.

| Baca Juga: 7 Tips Bertahan Hidup Saat Traveling untuk Vegetarian

3. Pertimbangkan Jenis Koper yang Diinginkan

Saat ini kamu akan menemukan dua jenis koper yang dijual di pasaran, yaitu hard case dan soft case. Koper jenis hard case umumnya lebih tahan lama dan kuat dalam melindungi barang bawaan yang ada di dalamnya. Namun kamu perlu bertahan dengan bebannya yang mungkin akan jauh lebih berat daripada koper soft case.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here