Hati-hati! Lip Scrub Ternyata Bisa Merusak Bibir

Penggunaan lip scrub ternyata bisa berbahaya untuk bibir. Foto: Dok. Freepik
Penggunaan lip scrub ternyata bisa berbahaya untuk bibir. Foto: Dok. Freepik

Lip scrub yang diyakini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari bibir, ternyata akan menimbulkan bahaya jika waktu penggunaannya terlalu sering atau berlebihan.

Dalam beberapa produk, pembuatan lip scrub biasanya menggunakan bahan utama yang cenderung kasar seperti gula, biji aprikot, atau partikel mikromanik yang diyakini dapat membantu mengangkat sel kulit mati bibir.

Namun bahan yang cenderung kasar tersebut ternyata dapat membuat bibir anda mengalami beberapa masalah seperti kemerahan, iritasi, atau bahkan berdarah. Untuk efek jangka panjang, lip scrub bahkan dapat membuat penggunanya mengalami bibir kering dan pecah-pecah dan merusak barrier kulit bibir.

| Baca Juga: Simak 5 Tips Agar Lipstik Cantikmu Tetap Awet di Bibir

Perlu diperhatikan bahwa kulit bibir kita cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit anggota tubuh lainnya dan tidak bisa menghasilkan minyak yang bisa melembapkan kulitnya sendiri. Sehingga perawatan untuk bibir diharuskan lebih lembut.

Selain itu, penggunaan lip scrub juga tidak memberikan hasil yang permanen pada bibir. Memang di awal penggunaannya, bibir akan terasa lebih halus dan lembap. Tetapi kelembapan tersebut tidak akan bertahan lama.

Dokter kulit dan ahli kecantikan menyebut jika penggunaan lip scrub sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang bibirnya mudah kering dan mengelupas. Sebagian lip scrub bahkan juga tidak mengandung kandungan apapun yang bisa menutrisi kulit.

Alih-alih menggunakan lip scrub, pilihan lain yang bisa membantu untuk eksfoliasi kulit bibir adalah dengan produk bertekstur yang lembut seperti lip balm ataupun lip mask. Kedua produk ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembapan bibir lebih baik.

|Baca Juga: Bahaya Filler Bibir Kupu-Kupu yang Sedang Digandrungi Seleb Hollywood

Lip Balm dengan kandungan spf saat ini juga dianjurkan terlebih bagi orang yang bekerja di luar ruangan agar dapat melindungi bibir dari kerusakan sinar UV.

Dengan bibir yang terhidrasi, masalah bibir seperti bibir kering dan kulit mengelupas akan mudah diatasi. Selain itu, minum air putih yang cukup juga akan membantu anda mendapatkan bibir yang lembap.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here