Inspiratif, Kisah Virginia Hislop Raih Gelar Master di Usia 105 Tahun

Virginia Hislop raih gelar Master di usia 105 tahun. (Foto: Istimewa)
Virginia Hislop raih gelar Master di usia 105 tahun. (Foto: Istimewa)

Kata-kata bijak tentang pendidikan tak mengenal batas usia mungkin tersematkan kepada sosok Virginia Hislop. Kisahnya bisa menginspirasi banyak orang lantaran wanita yang sudah berusia 105 tahun ini baru saja memperoleh gelar master di bidang pendidikan dari Universitas Stanford.

Warga asli Palo Alto itu tersenyum lebar saat menerima ijazahnya pada Minggu 16 Juni 2024 kemarin. Keluarga besarnya hadir untuk menyaksikan prestasi luar biasa itu.  

“Ya ampun. Aku sudah menunggu lama untuk ini,” kata Hislop.

Hislop sudah memiliki gelar sarjana, yang diperolehnya pada tahun 1940, tetapi tidak menyelesaikan pekerjaan pascasarjananya karena pacarnya saat itu, George Hislop, dipanggil untuk bertugas selama Perang Dunia II, sehingga mendorong pasangan tersebut untuk menikah. 

| Baca Juga: Kisah Cinta Lampaui Usia, Pria 80 Tahun Nikahi Gadis Muda di…

Virginia Hislop meninggalkan Stanford sebelum dia lulus. Sayang, dia tinggal menyisakan tesisnya saat itu.

“Saya pikir itu adalah salah satu hal yang dapat saya ambil jika saya membutuhkannya dan saya selalu menikmati belajar, jadi itu tidak terlalu menjadi perhatian saya – dan menikah adalah hal yang penting,” kata Hislop kepada dikutip dari Stanford Graduate School of Education.

Berkat pencapaiannya itu, Hislop pun disebut Dekan Daniel Schwartz sebagai “pendukung yang gigih” untuk kesetaraan dan pendidikan. 

Keluarga Hislop pindah ke Yakima, Washington, tempat di mana Hislop dan suaminya membesarkan anak-anak mereka.

Ketika putrinya, Anne, mulai duduk di bangku kelas satu sekolah dasar, Hislop memperjuangkan agar putrinya mengambil pelajaran bahasa Inggris tingkat lanjut dibandingkan mata pelajaran ekonomi rumah tangga.

“Saya merasa dia bisa belajar memasak di rumah dan yang lebih penting dia belajar lebih banyak keterampilan akademis di sekolah,” kata Hislop kepada Stanford.

| Baca Juga: Amir Harden, Anak 8 Tahun Meninggal Usai Ditembak Karena Lindungi Ibunya…

Anne Hislop Jensen dan suaminya, Doug Jensen, keduanya juga memperoleh gelar master dari Sekolah Pascasarjana Pendidikan Stanford. 

Doug Jensen sendiri mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan ibu mertuanya itu.

“Dia adalah seorang yang rakus membaca, dan pada usia 105 tahun dia masih aktif bergerak dan gemetar. Tidak ada lumut yang tumbuh di bawah kakinya.” kata Doug Jensen.

Pejabat Stanford mengatakan kepada KTVU bahwa menantu laki-lakinya menghubungi Stanford beberapa waktu lalu untuk mengetahui apakah ibu mertuanya bisa mendapatkan gelarnya, karena dia berusia 105 tahun.

| Baca Juga: Usia 104 Tahun, Wanita Ini Masih Kuat Tangkap Lobster!

Hislop telah aktif di bidang pendidikan selama ini.  Ketika anak-anaknya masih kecil, dia bergabung dengan Dewan Direksi Sekolah Yakima. Disana, Hislop menjabat selama 13 tahun.

Dia juga menjadi anggota pendiri Yakima Community College dan membantu mendirikan Heritage University, di mana dia menjabat sebagai dewan selama 20 tahun.

Dia juga terlibat dalam politik kota, kabupaten dan negara bagian. “Saya merasa bahwa semua anak harus mempunyai kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka sebaik mungkin,” kata Hislop kepada Stanford.

“Dan setiap orang harus mendapatkan pendidikan tinggi jika mereka menginginkannya,” lanjutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here