5 Cara Atasi Ketombe Basah, Praktis dan Mudah Dilakukan

Foto: Dok. Pexels/Element5 Digital

Merawat rambut berketombe memang gampang-gampang susah. Apalagi, kamu perlu tahu jenis ketombemu apakah basah atau kering. Sebab, mereka ditangani dengan cara yang berbeda. Kali ini, Nyata telah merangkum sejumlah tips untuk menangani ketombe basahmu. Check this out!

Ketombe basah disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak. Dalam keadaan lembap, ketombe basah bisa membuat kulit kepala gatal dan bau. Apalagi, ketombe basah juga terbentuk dari debu dan kotoran yang menempel. Tentu hal ini membuat kondisi rambut tidak nyaman.

Baca Juga: Perempuan Pengguna Vape Lebih Susah Hamil

Sebelum makin memburuk, kamu perlu mengobatinya dengan langkah yang tepat.

Pertama, kamu harus menggunakan shampoo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide dan ketoconazole. Para peneliti mengungkapkan, dengan mencampurkan ekstrak mawar dengan zinc pyrithione, maka bisa mengatasi peradangan yang ada di kulit kepala akibat ketombe basah.

Kedua, usahakan untuk rutin berkeramas. Memiliki kulit kepala yang berminyak sangat rentan untuk terjadinya penumpukan sebum. Nah, dengan keramas secara rutin, bisa sangat mengurangi rasa gatal tersebut.

Ketiga, berhati-hati saat menggunakan hair spray. Sebab, hair spray mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan kondisi ketombe basah menjadi lebih parah.

Keempat, kamu bisa kembali ke perawatan alami, yakni memakai gel lidah buaya. Enzim dan vitamin dalam gel lidah buaya sangat baik untuk mengurangi peradangan. Apalagi, saat dipakai, gel ini bisa mendinginkan kulit kepala.

Baca Juga: Resep Menu Sehat Pakai Ayam Ala Cinta Laura

Kelima, selain lidah buaya, kamu juga bisa memakai cuka sari apel. Asam dari cuka sari apel mampu menyeimbangkan pH di kulit kepala. Sehingga, mampu menekan perkembangan bakteri yang bisa menyebabkan ketombe basah.

Bagi kamu yang memiliki kondisi ketombe basah yang cukup parah, ada baiknya ditindaklanjuti dengan terapi sinar UV, fototerapi atau perawatan lainnya. Segera konsultasikan kondisimu kepada dokter bila ketombe dan rontok makin parah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here