Ingin Olahraga Malam Hari? Perhatikan Hal Ini Agar Tak Membahayakan Kesehatan

Ilustrasi olahraga malam hari. (Foto: Freepik)
Ilustrasi olahraga malam hari. (Foto: Freepik)

Jadwal yang padat biasanya membuat beberapa orang memilih lebih ingin untuk melakukan kegiatan olahraga saat malam hari, ketimbang waktu pagi.

Tapi tahukah anda jika olahraga saat malam hari ternyata memiliki risiko berbahaya yang lebih tinggi terhadap kesehatan kita.

Salah satu dokter terkenal asal Indonesia, Tirta Mandira Hudhi atau yang biasa dikenal dengan Dokter Tirta, mengatakan jika olahraga malam hanya boleh dilakukan 2 jam sebelum tidur.

Pasalnya saat olahraga, jantung kita akan beraktivitas lebih berat dan perlu waktu 2 jam untuk menurunkan detak jantung agar kembali turun menjadi normal. Sehingga berbahaya jika langsung tidur setelah olahraga.

| Baca Juga: Suka Olahraga? Jangan Pernah Abaikan Hal Ini Kalau Tak Ingin Kena Penyakit Mematikan!

Meski terdapat risiko membahayakan kesehatan, olahraga saat malam hari tetap boleh-boleh saja dilakukan asal memperhatikan beberapa hal penting ini.

Pertama, olahraga harus selesai 2 jam sebelum tidur. Sebagai contohnya, jika anda berolahraga pada pukul 8 malam, maka anda dianjurkan baru boleh tidur pada pukul 10 malam.

Terkait masalah jam ini, olahraga malam baik bagi anda yang sudah memiliki jadwal aktivitas dan tidur yang sudah teratur.

Kedua, jika ingin olahraga malam, kegiatan olahraga yang dilakukan tidak boleh terlalu berat seperti berlari, bersepeda, atau olahraga lain yang menguras banyak energi.

| Baca Juga: Pentingnya Olahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan Mental

Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah seperti yoga, olahraga peregangan, berjalan, dan olahraga ringan lain yang bisa dilakukan dalam ruangan.

Ketiga, jangan olahraga malam segera setelah makan malam. Perlu diperhatikan bahwa lambung kita setidaknya memerlukan waktu 1-2 jam untuk memproses makanan yang masuk. Sehingga anda setidaknya perlu beberapa jam menunggu sebelum melakukan olahraga saat malam hari.

Keempat, jika ingin mandi setelah berolahraga pastikan beri tubuh anda waktu 20-30 menit untuk meregangkan otot dan mengeringkan keringat. Hal ini karena olahraga membuat jantung anda bergerak lebih cepat dan suhu badan meningkat.

Jika anda langsung mandi setelah olahraga saat malam hari, dikhawatirkan pembuluh darah dalam otot akan melebar dan meningkatkan resiko terkena penyakit mendadak termasuk serangan jantung.

Disamping beberapa hal ini, olahraga malam disebutkan dapat membuat waktu dan kualitas tidur jadi lebih baik asalkan memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here