Fakta Penangkapan Pegi Setiawan, Pelaku Utama Kasus Vina Cirebon

KEMUNGKINAN BEBAS: Potret wajah Pegi Setiawan yang berhasil diamankan polisi sebagai pelaku buron pembunuhan Vina Cirebon. (Foto: Istimewa)
KEMUNGKINAN BEBAS: Potret wajah Pegi Setiawan yang berhasil diamankan polisi sebagai pelaku buron pembunuhan Vina Cirebon. (Foto: Istimewa)

Pencarian polisi terhadap pelaku buron pembunuhan Vina Cirebon dan Eky membuahkan hasil. Pegi Setiawan alias Perong yang disebut sebagai pelaku utama berhasil ditangkap. Ini membuat kasus tersebut menemukan fakta baru.

Pelaku utama pembunuhan Vina Cirebon yang buron sejak 2016, akhirnya diamankan pada Selasa (21/5/2024) malam di kawasan Bandung, Jawa Barat. “Ya benar. Atas nama Pegi Setiawan diamankan tadi malam di Bandung,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Surawan, dikutip dari detikcom.

Pegi merupakan satu dari tiga pelaku DPO yang sedang diburu oleh polisi. Artinya hasil penangkapan itu menyisakan Dani dan Andi yang masih dinyatakan buron dalam kasus Vina di Cirebon ini. 

| Baca Juga: Satu DPO Pembunuhan Vina Cirebon Berhasil Ditangkap

Lantas apa saja fakta yang terungkap dari penangkapan Pegi? Berikut rinciannya.

1. Menyamar sebagai kuli bangunan

Pegi sendiri disebut menyamar sebagai kuli bangunan untuk menutupi jejaknya. Dia ditangkap saat berada di wilayah Bandung usai pulang dari pekerjaannya itu.

Hal ini dikatakan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules Abraham Abast, dilansir detikJabar. “Jadi Pegi ini yang kita DPO-kan, namanya Pegi Setiawan. Informasi terakhir yang kami dapatkan, yang bersangkutan bekerja sebagai buruh bangunan di Bandung sehingga kami tangkap di Bandung,” ucapnya.

2. Mengganti nama menjadi Robi

Tak hanya menyamar sebagai kuli bangunan, Jules melanjutkan,  Pegi juga  mengganti namanya menjadi Robi. Di tempat kerjanya itu Pegi dikenal sebagai Robi.

“Tersangka sudah berganti nama menjadi Robi, namun polisi akhirnya berhasil melacak keberadaan tersangka saat bekerja menjadi kuli bangunan. Panggilan di tempat kerja (kuli bangunan) mengaku namanya Robi,” jelas Jules.

| Baca Juga: Hotman Paris Bongkar Pelaku Pertama Pemerkosa Vina Cirebon

3. Jarak rumah Pegi dekat dari lokasi jasad Vina dan Eky

Usai ditangkap, polisi kemudian menggeledah rumahnya di Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Cirebon, pada Rabu (22/5), pukul 13.30-16.30 WIB.

Rumah yang ditinggali Pegi itu ternyata berjarak tidak sampai satu kilometer dari lokasi jasad kedua korban ditemukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here