Ayu Gani Ceritakan Perjalanan Kariernya di Dunia Model

Ayu Gani berbagi pengalamannya di dunia model. (Foto: Dok. Pri)
Ayu Gani berbagi pengalamannya di dunia model. (Foto: Dok. Pri)

Model Indonesia Ayu Gani menceritakan perjalanannya di industri permodelan Tanah Air agar tetap eksis hingga saat ini. Menurutnya menjadi model itu harus bisa terus mengembangkan diri kita.

“Satu hal yang paling penting, we need to be authentic self. Kita harus mencari apa sih yang ada di dalam diri kita yang paling otentik yang membedakan kita dari orang lain,” jelas Ayu Gani saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2024).

Model berusia 32 tahun itu melanjutkan kisahnya masuk ke industri modeling Tanah Air. Gani memulai kariernya di dunia model dengan mengikuti kontes Wajah Femina pada tahun 2011. Di ajang ini, Gani berhasil mendapat penghargaan kontestan terfavorit.

| Baca Juga: 4 Tips untuk Calon Model dari Ayu Gani, Pemenang Asia’s Next Top Model S3

Setelah kontes ini, ia mencoba mengikuti beberapa pertunjukan fashion di seluruh Indonesia dan menjadi ikon dari Jakarta Fashion Week pada 2012. Untuk sampai di titik ini ternyata tidak mudah, mengingat tinggi badannya hanya 172 cm.

Model Indonesia Ayu Gani. (Foto: Dok. Pri)
Model Indonesia Ayu Gani. (Foto: Dok. Pri)

“Dulu untuk model perempuan tingginya minimal harus 175 cm. Aku terus mencoba casting meskipun sering ditolak. Tapi aku tidak patah semangat sampai akhirnya terpilih jadi ikon dari Jakarta Fashion Week (JFW) tahun 2012,” kenang wanita kelahiran Nganjuk, Jawa Timur 13 Agustus 1991.

“Dari situ akhirnya syarat tinggi menjadi model diturunkan jadi minimal 172 cm gara gara aku. Itu yang aku bilang kita perlu breakthrough dan sesuai dengan semangat kampanye #forevolution,” imbuhnya.

Ayu Gani selanjutnya mengikuti kompetisi Asia’s Next Top Model 2015 dan menjadi
kontestan pertama asal Indonesia dalam sejarah Asia’s Next Top Model yang berhasil menembus babak final dan keluar sebagai pemenang.

| Baca Juga: Ayu Gani, Pengalaman Tak Terlupakan di London

Dari kemenangannya itu ia telah membangun reputasi untuk dirinya sendiri dan memperluas kariernya di luar model seperti menciptakan konten, menjadi pembicara pada acara motivasi, dan membimbing model yang bercita-cita menjadi model profesional.

“Jadi i think we need breakthrough for our outhentic self to be able evolution. Biar kita bisa evolution dan terus berkembang serta menjalankan goals-goals dalam diri kita itu apa lagi sih. Dan terakhir kita perlu empowered sekitar kita,” papar Ayu Gani. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here