Slamet Rahardjo Ungkap Banyak Improvisasi untuk Film Algrafi

Slamet Rahardjo (Foto : Instagram/@teaterpopuler)
Slamet Rahardjo (Foto : Instagram/@teaterpopuler)

Aktor senior, Slamet Rahardjo mengakui kalau dirinya banyak melakukan improvisasi di luar naskah untuk film terbarunya, Algrafi. Algrafi sendiri dijadwalkan akan tayang pada 24 Juni 2024 mendatang di layanan streaming film digital.

“Saya rasa tokoh itu (kakek yang diperankannya) yang paling menarik, yang paling berat memainkannya adalah adegan tidak tertulis,” kata Slamet dalam konferensi pers film Algrafi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada, Kamis (20/06) lalu.

Slamet Rahardjo juga menambahkan, banyaknya adegan tidak tertulis di dalam skenario, dan hanya aktor berpengalaman yang dapat memainkan peran tersebut.

| Baca Juga : Kala Nanti, Karya Anak Bangsa Raih Penghargaan di Festival Film Asia

Slamet pun membeberkan ada beberapa adegan improvisasi yang ternyata juga dapat memperkaya isi cerita dari film tersebut. Sebagai contoh, adegan ketika dia sedikit berdansa ketika merasa senang, ataupun properti berupa pisau yang dapat digunakannya sebagai penguat pesan cerita.

Baginya, mendalami latar cerita dari sebuah naskah akan sangat membantunya untuk berimprovisasi di film garapan Sutradara Rully Manna itu. 

Hasilnya, Slamet sukses mengaplikasikan improvisasi dirinya dengan baik serta turut menambah keseruan cerita di Film Algrafi.

“Kalau kamu melihat skenario, cari apa di balik cerita itu karena menguasai (suatu) peranan sangat sulit,” kata Slamet.

Selain mencari tahu latar cerita dari sebuah naskah, Slamet juga melakukan relevansi cerita berdasarkan pengalamannya sendiri.

| Baca Juga : Sutradara Badarawuhi, Kimo Stamboel Garap Film Zombie dengan Netflix

Di film Algrafi, Slamet berperan sebagai seorang kakek yang menyayangi cucunya, sehingga dia pun menghubungkannya dengan dirinya sendiri.

Eyang itu biasanya orang yang lebih sayang pada cucunya daripada anaknya, ini peranan yang luar biasa, katanya.

“Pemain bukan boneka sutradara, pemain adalah partner sutradara. Saya berterima kasih kepada tim dan Viu yang sudah mengajak saya terlibat di film ini,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here