Selain Jadi Mood Booster, Ini Manfaat Lain Minum Kopi di Pagi Hari

Manfaat minum kopi di pagi hari (Foto : Istockphoto/GeorgHanf)
Manfaat Kopi di Pagi Hari (Foto : Istockphoto/GeorgHanf)

Bagi banyak orang, minum kopi di pagi hari tidak hanya sebatas rutinitas, melainkan dianggap mampu untuk meningkatkan mood.

Tak hanya itu, mengonsumsi secangkir kopi sebelum beraktivitas juga diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan mengembangkan kreativitas. 

Tetapi faktanya, tidak pernah ditemukan dampak secara signifikan dari konsumsi kopi terhadap kemampuan kreativitas seseorang. 

Dari penelitian yang dilakukan, kafein pada kopi memang terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tetapi tidak berdampak langsung pada kreativitas seseorang.

| Baca Juga : 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Berat Badan

Dalam penelitian lain juga menyebut bahwa, kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori. 

Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi kopi pada pagi hari. 

Lalu, apa saja manfaat minum kopi di pagi hari? Berikut ulasannya. 

1.Terhindar dari Stres dan Depresi

Rutin mengonsumsi segelas kopi hitam di pagi hari dapat membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Bukan tanpa sebab, pasalnya kopi diketahui memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. 

Stres tidak saja mengganggu dalam beraktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, tetapi dapat juga berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya.

| Baca Juga : 5 Cara Mudah Manfaatkan Mentimun Untuk Kulit Sejuk dan Cerah

  1. Mengurangi Risiko Alzheimer

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi disebut, dapat menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. 

Karena hal itu, dengan rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Satu manfaat ini bisa saja disukai oleh wanita maupun pria yang ingin menjaga penampilan. kopi ternyata bisa membantu kalian menurunkan berat badan, dengan catatan bahwa kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer. 

Kafein yang terkandung di kopi hitam disebut dapat memacu metabolisme tubuh, sehingga akan membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak.

Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, maka penurunan berat badan bisa tercapai. Namun tentu saja, manfaat ini hanya akan didapat jika mengkonsumsi kopi hitam secukupnya dibarengi dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2

Mengonsumsi kopi hitam setiap hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hak tersebut karena, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini bisa dicegah. 

| Baca Juga : Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Selain dari itu, kafein yang terdapat di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Manfaat-manfaat tersebut hanya akan didapat jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar. Sebaliknya, berlebihan dalam mengonsumsi kopi malah bisa memberi dampak yang kurang baik, bahkan memicu efek samping bagi kesehatan tubuh. Jadi, tertarik meminum kopi di pagi hari? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here