Pemeran The Hunger Games, Donald Sutherland Meninggal Dunia

Pemeran Presiden Snow The Hunger Games, Donald Sutherland wafat di usia 88 tahun (Foto: kqed.org, Frazer Harrison/Getty Images)
Pemeran Presiden Snow The Hunger Games, Donald Sutherland wafat di usia 88 tahun (Foto: kqed.org, Frazer Harrison/Getty Images)

Dunia perfilman berduka. Aktor senior Kanada, Donald Sutherland, yang dikenal dengan perannya membintangi film-film legendaris dari berbagai genre telah meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Kariernya dipenuhi dengan peran beraneka ragam, mulai dari sosok yang jenaka hingga jahat, namun selalu meninggalkan kesan.

Donald Sutherland, yang malang melintang di industri film selama tujuh dekade, tutup usia pada Kamis (20/6) di Miami setelah sakit berkepanjangan. Putra beliau, Kiefer Sutherland, mengumumkan berita duka ini melalui akun X.

| Baca Juga: Wanita Legenda Dunia Penerbangan, Bette Nash Meninggal di Usia 88 Tahun

Dalam pesan tersebut, Kiefer memuji sang ayah sebagai salah satu aktor terpenting dalam sejarah film. “Tak pernah takut dengan peran apapun, baik itu baik, buruk, atau rumit. Beliau mencintai apa yang dia lakukan dan melakukan apa yang dia cintai. Kita tidak bisa meminta lebih dari itu. Sebuah kehidupan yang dijalani dengan baik,” tulis Kiefer.

Para penggemar film mungkin mengenalnya sebagai Hawkeye Pierce, dokter tentara yang lucu dalam film komedi perang “MASH” (1970), atau sebagai Presiden Snow yang kejam dalam seri film “The Hunger Games” (2012-2015).

Sutherland tak pernah takut menerima tantangan peran. Sepanjang karirnya, ia bekerja sama dengan sutradara papan atas seperti Robert Altman, Alan J. Pakula, Federico Fellini, dan Oliver Stone.

| Baca Juga: Bernard Hill, Aktor Lord of the Rings dan Titanic Meninggal Dunia

Selain film layar lebar, Sutherland juga aktif di dunia televisi. Ia pernah meraih penghargaan Emmy untuk film televisi “Citizen X” (1995) dan Golden Globe untuk “Citizen X” dan “Path to War” (2003).

Sutherland terus berkarya hingga akhir hayatnya. Peran terakhirnya adalah sebagai Judge Parker dalam serial “Lawmen: Bass Reeves”. Meskipun tak pernah meraih nominasi Academy Award, Sutherland mendapat penghargaan Academy Honorary Award di tahun 2017.

Sutherland meninggalkan seorang istri, Francine Racette, keempat putranya, Roeg, Rossif, Angus, dan Kiefer, serta seorang putri, Rachel.

Selamat jalan, legenda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here