Cara Kembalikan Semangat Anak Masuk Sekolah Usai Libur Panjang

Dekorasi kamar yang bagus bisa menambah semangat anak yang akan masuk sekolah. (Foto: Dok. Pri)

Momen menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, baik itu anak baru masuk sekolah atau sudah bersekolah.

Hal ini terutama terkait untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan semangat sekolah mereka setelah melewati libur panjang. Peran orang tua dalam mendukung buah hati mereka menjelang hari pertama ajaran baru menjadi sangat penting.

Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.

Namun bagi orangtua, Persiapan kembali ke sekolah seringkali membuat orang tua lebih mudah stres karena banyaknya keperluan yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat.

| Baca Juga: Cara Marcell Darwin Persiapkan Anak Masuk Sekolah

Psikolog anak, Fabiola Priscilla M.Psi menjelaskan bahwa stres pada orang tua sebelum hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar dan dapat diatasi dengan persiapan matang.

“Agar tidak stres, orang tua harus mempersiapkan kebutuhan anak sekolah itu jauh-jauh hari. Dan sebaiknya anak diajak membuat list apa saja kebutuhan untuk sekolah yang dia butuhkan, agar terhindar dari belanja yang nggak perlu,” ujar Fabiola.

Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan pola tidur anak. Karena selama liburan panjang, biasanya pola tidur anak porak poranda.

“Jadi pola tidur anak harus dibetulin lagi, paling nggak dua minggu sebelum masuk sekolah. Karena anak-anak butuh tidur 8-10 jam. Menurut penelitian anak yang tidurnya cukup itu anak- anak yang mudah konsentrasi di sekolahnya. Makanya penting banget memperhatikan pola tidur anak dan menjadikan itu jadi bagian rutinitas,” jelasnya.

| Baca Juga: Cara Dion Wiyoko Ajarkan Anak Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat

Siapkan Mental Anak

Namun yang tidak kalah penting juga mempersiapkan mental anak. Karena tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapapun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali masuk sekolah. Wajar jika anak-anak merasa cemas untuk kembali ke sekolah.

Fabiola mengatakan pentingnya mempersiapkan mental dan rasa percaya diri anak untuk memasuki sekolah baru dengan lingkungan dan teman-teman baru.

“Kita perlu memvalidasi perasaan anak agar tidak takut dan senang dengan lingkungan sekolah barunya. Caranya, bisa dengan mengajak anak mengunjungi sekolahnya, berkenalan dengan guru, sebelum kegiatan sekolah dimulai,” kata Fabiola.

Dekorasi Ruang Belajar Yang Nyaman

Selain mempersiapkan segala kebutuhan sekolah dan mental anak, Fabiola juga menekankan pentingnya menumbuhkan semangat dengan mempersiapkan kamar anak yang nyaman, terutama meja belajar.

Karena Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. “Saat anak belajar di rumah, yang memungkinkan anak belajar tahan lama, semangat, maka ruangan kamarnya, terutama meja belajarnya, perlu dipercantik dengan perabot yang bikin anak-anak nyaman, sehingga bisa betah belajarnya. Jadi meja belajra yang nyaman, yang rapih perabotannya lengkap, itu menudahkan anak-anak juga untuk belajar,” kata Fabiola. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here