Sederet Manfaat Bubuk Daun Kelor, Bagus untuk Kesehatan Kulit

Bubuk daun kelor memiliki sederet manfaat. Foto : Shutterstock
Bubuk daun kelor memiliki sederet manfaat. Foto : Shutterstock

Daun kelor merupakan salah satu tanaman tropis yang bernama latin moringa oleifera. Tanaman ini banyak tumbuh di bagian utara India. Kini daun kelor telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan punya berbagai macam manfaat kesehatan.

Karena punya banyak manfaat kesehatan, daun kelor seringkali disebut pohon ajaib. Bahkan seiring perkembangan teknologi, muncul berbagai inovasi olahan daun kelor. Salah satunya dijadikan bubuk minuman herbal.

Bubuk kelor cukup ampuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mulai dari jantung hingga rambut.

| Baca Juga: Say Yes to kelor! Karena Manfaatnya Luar Biasa untuk Kesehatan

Dikutip dari Healthshots, berikut daftar manfaat yang dimiliki oleh bubuk daun kelor.

1. Dapat meredakan kram menstruasi

Sekitar 10 gram bubuk kelor memiliki kandungan zat besi yang setara dengan 32 persen kebutuhan zat besi harian. Oleh karena itu, mengonsumsi bubuk kelor dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah, dan membuat tubuh lebih aktif serta energik.

Selain itu, zat besi ekstra darinya dapat membantu mengompensasi semua kehilangan darah selama menstruasi dan juga membantu meringankan kram.

  1. Mujarab untuk kesehatan kulit

Menurut Layanan Penelitian Pertanian yang berbasis di AS, bubuk kelor adalah sumber yang kaya akan vitamin A dan vitamin E. Kedua vitamin ini berperan besar dalam menjaga kulit Anda tetap cerah dan sehat. Selain itu, membantu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Selain itu, kandungan antioksidan serta sifat anti inflamasi pada kelor juga dapat membantu menyembuhkan jerawat Anda.

| Baca Juga: Tanaman Hidroponik jadi Senjata Ampuh Atasi Anemia

3. Dapat melindungi dari efek samping stres

Adaptogen adalah tumbuhan yang melindungi tubuh dari efek racun stres dan menurut penelitian yang diterbitkan dalam Research Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics, daun pohon kelor mempunyai khasiat yang kuat.

4. Membantu pencernaan

Meskipun kandungan kalsium yang tinggi dalam bubuk kelor menjaga enzim pencernaan tetap mengalir untuk memungkinkan pencernaan yang baik, kandungan seratnya yang tinggi memastikan keteraturan usus yang sehat.

5. Dapat mengontrol diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, asam klorogenat dapat membantu mencegah kenaikan insulin atau peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba setelah makan.

| Baca Juga: Rekomendasi Jenis Skin Care yang Ampuh Ala Suhay Salim

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang disebut quercetin yang membantu mengatur tekanan darah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Ditambah lagi, ia juga memiliki kekuatan menurunkan kolesterol. Kedua kualitas ini menjadikan kelor sebagai cara alami yang sempurna untuk meningkatkan kesehatan jantung. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here