4 Perempuan Indonesia yang Dijuluki Kartini Modern

Dian Sastro dan Sri Mulyani dijuluki Kartini modern. Foto: Dok. Instagram @smindrawati
Dian Sastro dan Sri Mulyani dijuluki Kartini modern. Foto: Dok. Instagram @smindrawati

Kartini menjadi salah satu pahlawan perempuan paling dikagumi di Tanah Air. Berkat kerja kerasnya, perempuan Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi dan mengenyam pendidikan yang sama seperti laki-laki.

Kartini menjadi sosok yang membukakan pintu untuk para perempuan bisa bebas berkarya. Alhasil, kini perempuan bisa lebih leluasa untuk berkontribusi dalam berbagai sektor pekerjaan.

Tindakan Kartini itu telah menginspirasi para perempuan Indonesia di era modern ini. Berikut 4 perempuan Indonesia yang dijuluki Kartini modern.

1. Nicole Zefanya (Niki)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NIKI (@nikizefanya)

Penulis dan penyanyi asli Indonesia ini sukses melebarkan karirnya di industri musik Amerika. Melalui lagu-lagunya, Niki telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Dalam setiap penampilannya, Niki selalu menyempatkan untuk bernyanyi lagu asli Tanah Air. Seperti saat ia menyanyikan lagu kebangsaan di Head In The Clouds, di LA State Historic Park, Amerika Serikat, tepat saat hari kemerdekaan Indonesia ke-74.

Baca Juga: Tips Cantik Dian Sastrowardoyo yang Tak Banyak Orang Tahu

2. Dian Sastrowardoyo

Aktris cantik ini pernah memerankan karakter Kartini dalam film garapan Hanung Bramantyo di tahun 2017. Dian Sastro dijuluki sebagai kartini modern, karena memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan bagi perempuan.

Ia pun mendirikan sebuah yayasan bernama Yayasan Dian yang berkontribusi pada pendidikan, pemberdayaan perempuan dan pelestarian budaya Indonesia.

3. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Indonesia ini telah mendapatkan banyak penghargaan atas jasanya di bidang ekonomi. Sri Mulyani sendiri juga menjabat sebagai pelaksana Bank Dunia, yang menjadikannya sebagai perempuan pertama Indonesia yang mendapkan jabatan tersebut.

Baca Juga: Begini Keseruan Geng ‘AADC’ di Ultah Dian Sastrowardoyo

4. Susy Susanti

Nama Susy Susanti sudah menjadi legenda dalan dunia bulu tangkis Indonesia. Kehebatan Susy Susanti telah diakui di skala Internasional. Ia pernah mendapatkan medali emas di Olimpiade Barcelona di tahun 1992.

Selain itu, ia juga mendapatkan medali emas di All England hingga kejuaraan dunia IBF. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here