Deretan Artis yang Pernah Memerankan Tokoh Kartini

Tokoh Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dalam film Kartini (2017). Foto : Instagram/filmkartini
Tokoh Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dalam film Kartini (2017). Foto : Instagram/filmkartini

Kartini merupakan sosok pahlawan emansipasi wanita di Indonesia. Sosoknya menjadi inspirasi semua perempuan di tanah air. Setiap tahun, tepatnya pada 21 April, masyarakat Indonesia memeringati Hari Kartini.

Tanggal tersebut menjadi hari dimana untuk mengenang jasanya. Ada banyak hal yang dilakukan dalam mengenang sosok Kartini, termasuk kehidupannya digambarkan dalam sebuah film.

1. Jenny Rachman

Jenny Rachman memerankan sosok Kartini pada Film R.A. Kartini (1982). Foto : Instagram/jennyrachman18

Jenny Rachman menjadi artis pertama yang memerankan sosok Kartini dalam Film R.A. Kartini (1982). Film tersebut merupakan karya sutradara Sjumandjaja, karya biografi pertama yang mengangkat kisah dan semangat perempuan asal Jepara itu.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak kaum wanita Indonesia yang pada saat itu masih belum disetarakan dengan hak-hak kaum pria dalam hal mendapatkan pendidikan dan sebagainya.

| Baca Juga: 5 Film Tokoh Perempuan Inspiratif Ini Cocok Ditonton Saat Hari Kartini

2. Rania Putrisari

Rania Putrisari memerankan karakter Kartini dalam film Surat Cinta untuk Kartini (2016). Foto : Instagram/raniaps

Di film yang berbeda, aktris Rania Putrisari memerankan tokoh Kartini dalam film Surat Cinta untuk Kartini (2016). Film ini mengisahkan kisah percintaan Kartini dengan Sarwadi yang diperankan oleh Chicco Jerikho.

3. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo memerankan tokoh Kartini dalam film Kartini (2017). Foto : Instagram/therealdisastr

Berikutnya Dian Sastrowardoyo. Ia memerankan tokoh Kartini dalam film Kartini (2017). Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A Kartini (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini Surat Cinta Untuk Kartini (2016). .

Film ini menceritakan perjuangan Kartini dalam menaikkan derajat kaum perempuan hingga mendapatkan kesempatan bersekolah.

| Baca Juga: Dari Prilly Latuconsina hingga Lucinta Luna. Ini Potret Cetar Seleb Pakai Kebaya di Hari…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here