6 Cara Merawat Bulu Mata agar Sehat, Tebal dan Anti Rontok

Ilustrasi merawat bulu mata. Foto: Dok. Pexels/Shiny Diamond
Ilustrasi merawat bulu mata. Foto: Dok. Pexels/Shiny Diamond

Bulu mata merupakan salah satu bagian dari tubuh yang memiliki peran untuk melindungi mata dari paparan benda asing. Selain itu, juga menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Karenanya, merawat bulu mata sangat penting.

Ada yang menilai bahwa memiliki bulu mata yang lentik dan tebal bisa memberikan kesan mata yang indah nan menawan.

Namun, beberapa faktor seperti polusi, penggunaan makeup dan kurangnya menjaga kebersihan menyebabkan bulu mata mudah rontok dan tipis.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara merawat bulu mata secara menyeluruh, dengan memperhatikan kebiasaan makeup hingga asupan sehari-hari.

Enam cara ini bisa kamu lakukan untuk merawat bulu mata agar sehat, tebal dan anti rontok. Berikut ulasannya yang telah dirangkum Nyata dari berbagai sumber.

1. Membersihkan Bulu Mata secara Rutin

Setelah seharian menggunakan makeup, maka kamu diwajibkan menghapusnya agar kondisi kulit wajah tidak kotor. Termasuk di area bulu mata.

Pilih cairan pembersih mata yang bebas minyak. Agar kotoran, sisa makeup, dan debu yang menempel pada bulu mata bisa terhempas.

Selain itu, hindari menggosok-gosok area mata. Karena cara tersebut bisa menyebabkan bulu mata rontok.

Baca Juga: Cara Mudah Miliki Bulu Mata Lentik Tanpa Eyelash Extensions

2. Mengoleskannya dengan Minyak Alami

Penggunaan minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun ternyata bisa membantu menguatkan dan melembapkan bulu mata. Hal ini bisa mengurangi risiko kering dan patah pada bulu mata.

Caranya cukup sederhana, oleskan sedikit minyak nabati pada bulu mata dengan menggunakan cotton bud sebelum tidur.

3. Serum Penumbuh Bulu Mata

Bulu mata juga memerlukan serum agar tumbuh lebat. Ada banyak produk perawatan bulu mata berbentuk serum, namun hanya yang memiliki kandungan bimatoprost saja yang paling efektif.

Dilansir dari AloDokter, bimatoprost membuat bulu mata lebih tebal, panjang dan hitam. Sementara itu untuk mendapatkan serum dengan kandungan bimatoprost kamu perlu mendapat ijin dari dokter terkait.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Jenis makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu mata. Karena itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin, dan mineral, seperti telur, kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Nutrisi tersebut penting untuk merangsang produksi kolagen agar bulu mata tetap kuat, serta menjaga kesehatan kulit di bawah bulu mata.

Baca Juga: Bye bye Mata Panda! 6 Bahan Alami Ini Bisa Usir Kantung Mata

5. Kurangi Penggunaan Maskara

Maskara salah satu makeup yang sering digunakan untuk mempercantik bulu mata, karena membuatnya lebih lentik. Tapi, tahukah kamu bahwa penggunaan maskara yang berlebihan, bisa membuat bulu mata semakin rapuh. Alhasil gampang rontok.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi penggunaan maskara. Dan jangan lupa untuk segera membersihkan sisa maskara sampai bersih.

6. Selalu Bersihkan Alat Makeup

Alat makeup yang kotor bisa menyebabkan iritasi kulit, jerawatan, hingga merusak bulu mata. Alangkah baiknya peralatan makeup yang kamu gunakan, seperti sikat maskara dan penjepit bulu mata, dalam keadaan bersih.

Cucilah sikat maskara secara teratur dengan air hangat dan sabun. Pastikan juga penjepit bulu mata yang kamu pakai dalam keadaan bersih sebelum digunakan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here