Profil Daud Kim, Tuai Kritikan Buka Donasi Bangun Masjid di Korea

Daud Kim, Youtuber muslim asal Korea. Foto : Instagram/jaehan9192
Daud Kim, Youtuber muslim asal Korea. Foto : Instagram/jaehan9192

Daud Kim, sosoknya belakangan menjadi perbincangan publik di dunia maya. Ia dituding melakukan donasi untuk membangun masjid di Korea hanya untuk keperluan konten.

Hal ini bermula saat Daud Kim mengumumkan bahwa dia telah membeli tanah untuk pembangunan masjid di incheon, Korea. Pengumuman itu disampaikannya pada pertengahan April.

Dia juga mencantumkan tautan donasi mengajak semua orang untuk membantu mewujudkan mimpinya itu. Sementara dalam dokumen yang dibawa oleh Kim, nilai tanah yang dibelinya 189,9 won atau sekitar Rp 2,2 Miliiar.

Meski apa yang dilakukan Kim merupakan suatu yang mulia. Akan tetapi Kim justru mendapatkan berbagai kritikan.

| Baca Juga: 5 Seleb Korea yang Ikut Puasa di Bulan Ramadan Ini

Kritikan itu salah satunya datang dari Influencer mualaf Korea, Ayana Moon. Menurutnya penggalangan dana yang berkaitan dengan nama Islam tidak boleh menggunakan atas nama pribadi. Hal yang sama juga diungkapkan Federasi Muslim Korea (KMF).

“Federasi Muslim Korea (KMF) adalah satu-satunya organisasi Islam yang terdaftar secara resmi di pemerintah Korea. Semua masjid di penjuru negeri yang terkait dengan Korea Muslim Federation, terdaftar atas nama KMF, dan tidak seorang pun diperbolehkan atas nama individu mendaftar atau mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid,” tulis pihak KMF dalam unggahannya.

Aksi Kim ini membuat publik penasaran dengan sosoknya. Lantas siapakah sosok Daud Kim?

Profil Daud Kim

Daud Kim merupakan penyanyi sekaligus Youtuber yang memiliki nama asli Jay Kim. Ia memutuskan menjadi mualaf pada September tahun 2019. Keputusannya itu ia umumkan lewat akun YouTube Daud Kim.

| Baca Juga: Berawal dari Curhat Raisa Andriana Rilis Album Baru Bertajuk It’s Personal

Ia sering meng-cover lagu-lagu terkenal di Korea hingga mancanegara. Sebut saja lagu-lagu seperti Fake Live dari BTS, Untitled dari G-Dragon hingga Despacito yang dilantunkan Luis Fonsi.

Namanya semakin dikenal di Indonesia setelah meng-cover lagu Rizky Febian yang berjudul “Cukup Tahu”. Tak main-main, Daud Kim bahkan menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa Korea.

Kim juga berkesempatan datang ke Indonesia sebagai bintang tamu di acara Korean Festival. Pada momen itulah, ia mulai mengenal agama Islam, tepatnya setelah melihat banyak muslim di Indonesia yang baik dan ramah, sehingga membuat hatinya ikut damai.

Setelah itu, kariernya pun mulai dikenal dan mendapatkan perhatian dari fans Indonesia.

Kim sendiri pernah diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan. Dugaan itu muncul pada tahun 2020 setelah seorang perempuan memposting video TikTok. Perempuan itu menyebut bahwa Kim mencoba melakukan pelecehan tersebut pada Juni 2019.

| Baca Juga: Dikabarkan Sudah Tidak Jomblo, Ini Deretan Artis yang Dekat dengan Lee Min Ho

Usai viral, Kim membuat video klarifikasi. Dia mengucapkan permintaan maaf sekaligus mengakui kejadian itu.

Tak hanya itu, Kim juga pernah mendapatkan tuduhan bahwa Asosiasi Muslim Korea tidak pernah mengakuinya seorang muslim. Dicurigai Kim memasuki Mekkah dengan memalsukan dokumen. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here