Robert Downey Jr. Singgung Fans Marvel dengan Pidatonya di BAFTA

Robert Downey Jr. menang sebagai Aktor Pendukung Terbaik di BAFTA 2024. Foto: Kate Green/BAFTA/Getty

R obert Downey Jr. (RDJ) berdiri dari tempat duduknya dengan bangga semalam, sesaat setelah aktris Gillian Anderson menyebut namanya, sebagai pemenang dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik di BAFTA (British Academy Film Awards) 2024, melalui film besutan sutradara Christopher Nolan, Oppenheimer (2023).

RDJ coba menceritakan perjalanan karirnya dalam pidato pendeknya, usai menerima penghargaan itu dari tangan Gillian. Namun pidatonya yang hanya 30 detik itu, membuat banyak penggemar MCU (Marvel Cinematic Universe) tersinggung.

“Ketika saya berusia 15 tahun, saya ingin menjadi Peter O’Toole. Ketika saya berusia 25 tahun, saya bekerja untuk Richard Attenborough dan Anthony Hopkins. Ketika saya berusia 35 tahun, saya akhirnya mengerti mengapa Dickie pikir Tony akan menjadi contoh yang lebih baik bagi saya daripada Peter,” kata Downey, merenungkan kariernya.

“Ketika saya berusia 42 tahun, saya mengerjakan dua film untuk Guy Ritchie, dan belajar cara membuat film Hollywood besar dengan gaya Inggris yang santun. Kemudian saya memerankan seorang pria bernama Tony di MCU selama sekitar 12 tahun.” Lanjutnya.

“Dan baru-baru ini, orang itu (ucap RDJ sambil menunjuk Christopher Nolan) menyarankan saya untuk mencoba pendekatan yang sederhana, sebagai upaya terakhir mungkin, untuk menghidupkan kembali kredibilitas saya yang semakin menurun. Jadi saya berbagi ini dengan rekan nominasi saya, ini telah menjadi tahun yang luar biasa,” Tutupnya.

| Baca Juga: Nyanyian Rachel Zegler di The Hunger Games Bikin Kru Menangis

Banyak kejadian memang, aktor yang merasa ‘lelah dan tidak berkembang’, setelah ia berkali-kali memerankan tokoh yang sama. Meski RDJ merasa kredibilitasnya turun dengan lebih dari satu dekade menjadi Tony Stark/Iron Man—sesuatu yang memang telah dia singgung beberapa kali saat mempromosikan Oppenheimer—namun tidak bisa dipungkiri, jika peran itulah yang melambungkan namanya, dan menaruhnya di daftar aktor papan atas Hollywood.

| Baca Juga: Aktingnya Jelek di Spectre, Andrew Scott Ogah Jadi Antagonis Lagi

Selain itu, kata-kata tersebut seperti mengubur harapan para penggemar, yang ingin sekali melihatnya kembali di MCU. Sekalipun itu hanya sekedar cameo atau flashback, atau mungkin alur cerita baru mengingat Marvel yang intens memperkenalkan konsep multiverse-nya.

Sebelum akhirnya Robert Downey Jr. menang, ia bersaing dengan Robert De Niro untuk Killers of the Flower Moon (2003), Jacob Elordi untuk Saltburn, Ryan Gosling untuk Barbie, Paul Mescal untuk All of Us Strangers dan Dominic Sessa untuk The Holdovers dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik di BAFTA. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here