Lama Vakum, Alya Rohali Kembali Akting di Setetes Embun Cinta Niyala

Foto: Istimewa

S udah cukup lama Alya Rohali vakum dari dunia akting. Perempuan berusia 47 tahun itu, tak ingin akting mengganggu aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga.

“Yang pasti pilih-pilihlah, pilih-pilih peran, pilih-pilih lokasi syuting seperti apa, berapa lama, karena aku juga ada pekerjaan lain, jadi harus bisa menyesuaikan dengan itulah,” kata Alya saat ditemui di MD Place, Setiabudi, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Alya tak menampik, suaminya sempat membatasinya untuk kembali ke dunia seni peran, karena jadwal syuting sampai pagi. “Maksudnya, kan syuting terakhir saya main sinetron tahun 2005, kalau nggak salah saya stripping sampai pagi. Akhirnya nggak diizinkan lagi,” jelasnya.

| Baca Juga: Djenar Maesa Ayu Sulit Pakai Mukena Saat Syuting Pemandi Jenazah

Istri dari Ramzy Rachbini itu lalu fokus kuliah, dan sempat menjadi notaris. “Fokuslah ke rumah, terus saya kuliah lagi, saya jadi notaris, dan sebagainya. Memang nggak terlalu banyak dikasih waktu syuting, cuma kalau main film sesekali boleh,” ujar wanita kelahiran Jakarta, 1 Desember 1976 itu.

Alya mengaku selalu mendapat dukungan dari anak-anaknya untuk kembali bermain film. “Karena anak-anak men-support dan ngomong sama ayahnya, jadi ya udah lancar sih semuanya,” tutur ibu dari Namira Andjani Ramadina (25), Diarra Annisa Radini (17), dan Savannah Nadja Rachbini (14) itu.

| Baca Juga: Lisa ‘BLACKPINK’ Debut Akting di Serial Terbaru HBO

Setelah Pandemi dan selesai mengurus keperluan anaknya yang bersekolah di London, Alya dapat tawaran untuk bermain dalam film Setetes Embun Cinta Niyala produksi MD Pictures. Alya menyambut tawaran ini dengan senang hati.

“Aku awalnya ditawari untuk berperan dalam series Setetes Embun Cinta Nilaya, tapi putriku kuliah di London. Setelah beberapa bulan tanpa kabar, manajerku memberitahu bahwa aku akan syuting pada 6 Februari 2024,” kata aktris yang mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam ajang Indonesian Box Office Movie Awards 2016 itu.

Dalam film yang merupakan adaptasi dari novel karya Habiburahman El Shirazy, Alya berperan sebagai Ambar, ibu dari Faiq yang diperankan oleh Deva Mahenra. “Kalau peran-peran seperti ini kan, misalnya aku jadi ibunya salah satu bintang utamanya kan nggak terlalu memakan waktu,” ungkap pemeran Ibu Shena dalam film 12 Cerita Glen Anggara itu.

Namun Alya mengakui, perannya sebagai seorang ibu dalam film ini menjadi tantangan baru, terutama karena sebelumnya ia lebih sering memerankan karakter ibu dari anak perempuan.

“Ini juga tantangan buat aku, karena kayaknya belum pernah deh jadi ibunya anak laki-laki, biasanya anaknya perempuan semua. Sekarang aku jadi ibunya Faiq yang diperankan Deva Mahenra. Ini adalah pengalaman beradu akting pertamaku dengan Deva,” kata Puteri Indonesia 1996 itu.

Alya juga menyatakan bahwa putrinya memberikan dukungan penuh dan sudah mengetahui detail pemain-pemain sebelumnya.

Selain beradu akting dengan Deva Mahenra, dalam film arahan Anggy Umbara ini, Alya Rohali juga akan bermain dengan Caitlin Halderman dan Beby Tsabina.

Setetes Embun Cinta Niyala memulai proses produksinya pada Februari 2024. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here