Netflix Rilis Dokumenter Black Barbie, Tentang Apa?

Netflix rilis film dokumenter berjudul Black Barbie, kisahkan perjuangan perilisan barbie kulit hitam. Foto: Dok. Netflix
Netflix rilis film dokumenter berjudul Black Barbie, kisahkan perjuangan perilisan barbie kulit hitam. Foto: Dok. Netflix

Netflix bakal segera membongkar kisah barbie yang jarang diketahui orang-orang melalui film dokumenter berjudul ‘Black Barbie.’

Kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa Barbie hanya merilis boneka yang mempresentasikan wanita cantik dengan kulit putih, mata biru, tubuh tinggi dan kurus. Padahal nyatanya Barbie juga pernah memproduksi boneka yang berbeda termasuk barbie kulit hitam.

Inilah kemudian yang membuat Netflix ingin membahas lebih dalam terkait kisah tersembunyi dari perilisan boneka barbie kulit hitam dalam dokumenter Black Barbie.

| Baca Juga : Dibintangi Dakota Johnson, Film Daddio Segera Tayang di Indonesia

Disutradarai oleh Lagueria Davis, Black Barbie akan mengajak penonton untuk mengeksplorasi dampak yang dibuat oleh tiga wanita kulit hitam yang bertanggung jawab atas perilisan barbie kulit hitam di perusahaan Barbie, Mattel.

Pada tahun 1980, Beulah Mae Mitchell, Kitty Black Perkins, Stacey McBride Irby jadi sosok utama dibalik produksi barbie kulit hitam. Tak hanya bonekanya yang berwarna hitam, ketiga wanita ini juga mendesain rambut yang khas dengan mereka yang memiliki kulit hitam.

Beulah Mae Mitchell, pada tahun 1960, satu tahun setelah perilisan barbie pertama kali, ia bertemu dengan Ruth Handler yang merupakan penemu barbie. Saat itu Mitchell mengusulkan untuk perusahaan merilis barbie kulit hitam.

| Baca Juga : My Boo, Film Horor Komedi Tentang Asmara Dua Dunia

Namun ide tersebut sulit terwujud hingga akhirnya pada tahun 1980 ia bertemu dengan Kitty Black Perkins dan mulai mendiskusikan soal barbie dengan fitur kulit hitam. Lalu bagaimana perjuangan mereka untuk sukses menciptakan boneka barbie kulit hitam pertama kalinya?

Secara khusus, dokumenter ingin menjadi menekankan pentingnya representasi bahwa boneka bukanlah hanya sekedar boneka saja yang dimainkan oleh anak-anak. Tapi boneka juga bisa menjadi simbol pentingnya pembentukan identitas dan imajinasi pada masa kanak-kanak.

Sementara itu, Black Barbie dijadwalkan akan tayang di Netflix mulai tanggal 19 Juni. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here