Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat Hitam Di Pipi, Wajib Coba!

Atasi bekas jerawat menghitam dan dapatkan kulit halus mulus kembali (Foto: Freepik)
Atasi bekas jerawat menghitam dan dapatkan kulit halus mulus kembali (Foto: Freepik)

Munculnya noda-noda hitam di wajah setelah jerawat sembuh tak jarang membuat frustrasi dan menurunkan rasa percaya diri.

Bukan hanya mengganggu penampilan, bisa jadi itu pertanda peradangan jerawat yang belum sepenuhnya usai.

Tapi jangan khawatir, hal ini bukan berarti permanen. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya. Sebelum membahas cara mengatasinya, penting untuk memahami dulu apa yang menyebabkan bekas jerawat menghitam.

Ada beberapa faktor yang bisa memicunya, yaitu peradangan. Saat jerawat tumbuh, kulit akan meradang. Sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan memproduksi sel melanosit yang menghasilkan melanin, zat pigmen yang memberi warna pada kulit.

| Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Ketiak Hitam, Dijamin Mulus dan Cerah

Melanin ini tak hanya memerangi jerawat, tapi juga meninggalkan jejak hitam di lokasi tumbuhnya jerawat. Semakin parah peradangan, semakin banyak melanin yang diproduksi, dan semakin gelap pula bekas jerawat yang dihasilkan.

Penyebab kedua, sinar matahari. Siapa sangka, hal ini bisa menjadi musuh dalam selimut bagi para pejuang kulit mulus. Paparan sinar UV-nya memicu produksi melanin di seluruh kulit, termasuk pada bekas jerawat.

Akibatnya, bekas jerawat yang tadinya sudah mulai memudar kembali menggelap dan terlihat lebih jelas. Pantas saja, memakai sunscreen setiap hari menjadi kunci penting dalam memerangi bekas jerawat.

Ketiga, hormon. Bagi para wanita, perubahan hormon bisa menjadi pengganggu dalam perjalanan menuju kulit mulus. Fluktuasi hormon saat menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat memengaruhi produksi melanin dan membuat bekas jerawat tampak lebih gelap.

Kabar baiknya, dengan menjaga keseimbangan hormon melalui pola makan sehat dan gaya hidup aktif, kamu bisa meminimalisir efeknya pada kulit.

| Baca Juga: 4 Kesalahan Merawat Kulit yang Membuat Jerawat Makin Parah

Penyebab lain

Memencet jerawat memang terasa menggoda, tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan ini justru bisa memperburuk keadaan?

Memencet jerawat berisiko merusak jaringan kulit dan memicu peradangan yang lebih parah. Hal ini tak hanya memperpanjang masa pemulihan jerawat, tapi juga meningkatkan risiko terbentuknya bekas hitam yang lebih parah.

Selain itu, saat kulit sedang berjerawat, perhatikan dengan seksama produk-produk yang kamu gunakan. Skincare yang tidak cocok atau produk lain yang memicu iritasi dapat memperparah peradangan dan membuat bekas jerawat tampak lebih gelap.

Pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan berjerawat untuk membantu menenangkan dan melindungi kulit.

| Baca Juga: Pimple Patch, Betul Efektif Atasi Jerawat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here