Curhat Pilu Kiky Saputri Alami Keguguran dan Idap Kista

Foto: Dok. Instagram @kikysaputrii

Komika Kiky Saputri bersama suaminya, Muhammad Khairi mengabarkan berita duka melalui postingan di YouTube pribadinya. Kiky menyampaikan kesedihannya, setelah keguguran di usia kehamilannya yang menginjak 10 minggu.

Awalnya, Kiky tak ingin mengungkapkan hal ini, dan memilih menyembunyikannya. Tetapi banyak netizen yang bertanya kepadanya. ia pun memilih untuk mempublikasikan hal tersebut.

Dari penuturan Kiky, ia menyebutkan bila kelelahan menjadi salah satu faktor penyebab ia mengalami keguguran. Istri Muhammad Khairi itu juga mengaku, memiliki kista di dinding rahim, yang membuat janinnya tidak berkembang semestinya.

“(Kista) Di luar dinding rahim, waktu itu masih 3,8 cm. Waktu itu rencana kita pulang dari London mau berobat, untuk pembersihan kistanya. Tapi Masyaallah, Allah kasih kita rezeki ada si baby. Kata dokter enggak apa-apa, ini enggak ganggu, jadi lanjutin aja kehamilannya,” ujar Kiky Saputri, dikutip dari kanal YouTubenya @Kiky Saputri Official.

Baca Juga: Pulang Bulan Madu dari Eropa, Kiky Saputri Malah Pisah Rumah dengan Suami

Masalah datang ketika kista yang ada juga ikut berkembang, seiring dengan perkembangan janinnya. Yang awalnya berukuran 3,8 cm menjadi 4,6 cm.

“Seiring berjalannya waktu, janin berkembang, maka kista juga berkembang. Ternyata menekan ke area dinding rahimnya, kistanya membesar. Saat aku keguguran itu, dia udah 4,6 cm,” imbuhnya.

Meski begitu, Kiky sendiri masih rutin memeriksakan kandungannya ke dokter. Bahkan ia masih bisa mendengar detak jantung bayinya waktu diperiksa. Namun sayangnya, dua minggu kemudian, komedian itu mengalami flek dan pendarahan. Kiky dan Khairi harus menerima kenyataan, bila bayi mereka tidak bisa diselamatkan.

“Dua minggu sebelumnya kenceng (detak jantungnya). Itu juga sampai 10 kali lebih, dokter mencoba untuk ngecek, ternyata detak jantungnya udah enggak ada. Aku masih enggak percaya waktu itu,” papar Kiky.

Beberapa minggu kemudian, Kiky mendapati bila bagian bawah perutnya terasa sakit luar biasa. Ketika memeriksakan diri ke dokter, kista yang diidapnya makin membesar. Dokter pun memutuskan untuk mengangkat kista tersebut, karena dirasa sudah membahayakan.

“Dicek kistaku semakin membesar, 5,2 cm. Habis kayak gitu, dokter memutuskan untuk diangkat kistanya karena takutnya berbahaya, udah nempel ke falopi kiri,” jelas komedian 30 tahun itu.

Baca Juga: Kiky Saputri Curhat Tentang Cobaan dan Godaan yang Datang Jelang Pernikahan

Alhasil, dokter pun dengan sangat terpaksa mengangkat ovarium kiri Kiky Saputri. Keputusan itu harus diambil, untuk mencegah kista berkembang ke bagian tubuh yang lain.

“Ternyata ovarium kiri Kiky itu udah diselimuti kistanya, udah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky, ada peradangan di situ. Kalau enggak diangkat, kistanya akan berkembang ke tempat yang lain. Dokter bilang ini opsi terakhir,” tuturnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here