Kenali Beragam Titik Refleksi Kaki, Bisa Redakan Stres

Ilustrasi Refleksi Kaki (Foto : Pinterest/LEAF.tv))
Ilustrasi Refleksi Kaki (Foto : Pinterest/LEAF.tv))

Pijat refleksi kaki tentunya sudah dikenal sejak ratusan tahun lamanya. Dikenal dengan pengobatan tradisional, pijat ini juga sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada otot.

Menurut Dokter kiropraktik di Los Angeles, dr. Dustin Martinez mengungkapkan bahwa refleksi kaki dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan menurunkan tingkat stres.

Namun alangkah baiknya bila tindakannya tidak kamu lakukan secara mandiri, pastikan kamu melakukan refleksi kaki dengan para terapis yang mengerti pengobatan tradisional ini dengan baik.

| Baca Juga: Pijat Bayi Tak Boleh Sembarangan, Perhatikan Hal Berikut Ini

Dalam refleksi sendiri terdapat beberapa titik pada kaki anda yang dapat di lakukan secara bersamaan atau bergantian. Ada banyak titik-titik refleksi pada kaki yang diyakini dapat berhubungan dengan organ tubuh, berikut ulasannya.

1. Ujung jempol kaki

Bagian ujung pada jempol kaki diyakini berhubungan dengan otak dan kelenjar yang berada di otak, seperti hipotalamus, pineal, pituitari, dan tiroid. 

Dengan memijat bagian ujung pada jempol kaki diyakini dapat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan pengaturan hormon dan stress.

Jadi, bila anda stress dengan kejenuhan hari, beban pekerjaan yang begitu besar, pasangan yang terlewat cerewet maka “pijit” adalah solusi untuk anda.

| Baca Juga: 5 Cara Mudah Manfaatkan Mentimun Untuk Kulit Sejuk dan Cerah

2. Pangkal jempol kaki kanan

Berdasarkan penelitian, memijat titik refleksi kaki yang berada di sekitar 1 hingga 1,5 cm dari pangkal jempol dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Untuk mendapat manfaat di titik ini, anda atau disarankan terapis hanya cukup menekan area tersebut dengan kuat selama 15 detik, setelah itu lepaskan selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut selama 2 menit.

3. Antara jempol kaki dan jari telunjuk kaki

Titik refleksi lainnya adalah di bagian antara jempol kaki dan jari telunjuk kaki yang kerap diyakini dapat meringankan nyeri pada wajah dan dagu. Selain itu, dengan memijat titik refleksi kaki ini juga dapat membantu untuk meringankan insomnia, stress, dan kecemasan.

| Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Ketiak Hitam, Dijamin Mulus dan Cerah

4. Antara jari manis dan jari kelingking kaki

Sentuhlah area antara jari manis dan jari kelingking kaki, kemudian tarik jarak sekitar 2 ruas jari ke belakang dapat cukup bermanfaat untuk relaksasi tubuh. 

Titik refleksi tersebut yang dinamakan GB41 atau Zulinqi ini dapat mengurangi episode migran, hal tersebut juga sudah dibuktikan melalui penelitian bahwa pada titik tersebut dapat menstimulasi menurunkan rasa migrain.

5. Telapak kaki

Area telapak kaki bagian tengah diduga terhubung dengan organ pencernaan, seperti lambung, pankreas, hati, dan usus halus. Ketika titik tersebut di refleksi dengan ditekan, maka aliran darah ke organ pencernaan akan meningkat sehingga diyakini dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Namun, mekanisme pasti tentang manfaat dari menekan titik refleksi kaki di bagian telapak kaki terhadap fungsi pencernaan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here