6 Rahasia Nikmati Daging Kurban Tanpa Takut Kolesterol!

Santap Daging Kurban Idul Adha Tanpa Kolesterol Naik, Bisa Banget (Foto: humusak/pixabay)
Santap Daging Kurban Idul Adha Tanpa Kolesterol Naik, Bisa Banget (Foto: humusak/pixabay)

Idul Adha identik dengan momen kebersamaan dan hidangan lezat berbahan daging kurban. Bagi para pecinta daging, momen ini tak akan dilewatkan.

Namun, bagi para penderita kolesterol, momen ini bisa menjadi dilema yang serius. Lemak dan kolesterol yang terkandung dalam daging kurban harus diwaspadai.

Pasalnya konsumsi berlebihan dapat memicu lonjakan kolesterol, memperburuk kondisi kesehatan, dan bahkan memicu penyakit jantung.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir. kolesterol tinggi bukan berarti Anda harus menyiksa diri. Berikut tips aman untuk menikmati hidangan daging kurban tanpa khawatir kolesterol naik:

1. Pilih Potongan Daging yang Tepat

Memilih daging yang tepat sangat penting. Dilansir dari berbagai sumber, dibandingkan dengan daging kambing, daging sapi memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

| Baca Juga: 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Berat Badan

Selain itu, pilihlah bagian daging yang ramping seperti bagian has dalam atau has luar. Lalu hindari bagian yang berlemak seperti iga, leher, dan buntut.

Sebelum dimasak, buang lemak yang terlihat pada permukaan daging untuk mengurangi asupan lemak.

2. Olah Daging dengan Cara Sehat

Cara memasak daging juga sangat berpengaruh terhadap kandungan lemaknya. Hindari menggoreng daging dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus, membakar, atau mengukus.

Gunakan bumbu alami seperti rempah-rempah dan sayuran untuk menambah cita rasa tanpa menambahkan lemak jenuh. Kurangi penggunaan santan karena santan mengandung lemak jenuh tinggi.

Sebagai gantinya, gunakan santan rendah lemak atau susu skim.

3. Konsumsi dengan Porsi Seimbang

Menikmati daging kurban dengan porsi yang seimbang sangat penting. Hindari makan berlebihan dan pastikan untuk menyeimbangkan asupan dengan nasi, sayur, dan buah.

Batasi konsumsi jeroan seperti hati dan babat karena mengandung kolesterol tinggi.

| Baca Juga: 5 Makanan Sehat Pembakar Lemak Perut, Cocok untuk Diet

4. Konsumsi Makanan Pendamping Sehat

Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya serat untuk membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi yogurt juga dapat membantu karena mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan.

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup karena air putih membantu melancarkan pencernaan dan membuang kolesterol jahat.

5. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Beberapa vitamin dan mineral dapat membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi vitamin B kompleks yang membantu tubuh mencerna lemak, oat beta-glucan yang dapat menurunkan kolesterol, dan psyllium yang merupakan serat larut yang efektif dalam menurunkan kolesterol.

6. Konsultasi dengan Ahli Gizi

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan panduan diet yang tepat.

Selain itu, tetaplah aktif bergerak karena olahraga teratur membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menikmati hidangan daging kurban dengan aman dan tanpa rasa khawatir. Selamat merayakan Idul Adha. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here