Agar Kuat Jalani Puasa, Hindari 6 Makanan Ini Saat Sahur

Foto: Dok. Pexels

Bulan Ramadan telah tiba, sahur menjadi rutinitas terpenting saat akan berpuasa. Saat sahur, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kenyang lebih lama. Sayangnya, masih banyak yang tak peduli dengan apa yang dikonsumsi ketika sahur.

Beberapa makanan dan minuman ini, sebaiknya kamu hindari ketika sahur. Apa saja?

1 Minuman Dingin
Memang segar minum air dingin saat berbuka puasa. Tetapi, jangan minum air dingin saat sahur ya. Sebab minuman dingin bisa membuat kontraksi di pembuluh darah, yang mengakibatkan gangguan pencernaan.

2 Makanan Instan
Mengkonsumsi makanan instan memang praktis dan menghemat waktu. Tetapi saat sahur, sebisa mungkin kamu harus menghindarinya. Itu karena makanan instan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Selain akan membuatmu mudah lapar, terlalu sering mengkonsumsinya juga tak baik untuk kesehatanmu jangka panjang.

3 Minuman Berkafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, perlu kamu hindari saat sahur. Karena minuman tersebut dapat menyebabkan insomnia. Selain itu, minuman berkafein juga membuatmu lebih cepat haus.

4 Frozen Food atau Daging Olahan
Masih banyak ditemui orang yang memasak daging olahan seperti sosis, nugget, kornet dan semacamnya untuk sahur. Sama halnya dengan makanan instan, produk daging olahan juga memiliki kadar garam yang tinggi. Akibatnya, kamu akan jauh lebih mudah lapar saat puasa.

5 Makanan Pedas
Masyarakat Indonesia memang tak bisa dipisahkan dari sambal atau makanan pedas lainnya. Meski begitu, lebih baik menghindarinya ketika sahur. Sebab bisa beresiko terkena masalah pencernaan seperti diare, sakit perut, asam lambung hingga mulas.

6 Makanan dengan Serat yang Rendah
Sebaiknya sewaktu sahur kamu harus mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Tubuh manusia membutuhkan serat agar proses pencernaan berjalan dengan lancar, dan membuat kita lebih tidak mudah lapar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here