Perhatikan! Fitur Mobil yang Ramah Bagi Pengendara Perempuan

Syifa Hadju saat memilih mobil yang cocok dengannya sebagai perempuan karier. (Foto: Naomi/Nyata)
Syifa Hadju saat memilih mobil yang cocok dengannya sebagai perempuan karier. (Foto: Naomi/Nyata)

Saat ini, banyak perempuan memilih untuk mengendarai mobil sendiri yang menunjang aktivitasnya. Kendaraan roda empat dinilai punya mobilitas lebih nyaman, aman dan bisa memuat banyak orang atau isi.

Tanpa harus bergantung orang lain, perempuan bisa menuju suatu tempat yang ingin dituju dengan menyetir kendaraan sendiri. Namun bagi mereka yang hidup di kota besar, sebaiknya perhatikan dengan seksama bagaimana memilih mobil agar memenuhi kriteria yang sesuai untuk perempuan.

“Ada kesan perempuan hanya tertarik penampilan luar atau estetika. Tapi pada kenyataannya perempuan jauh lebih peduli pada performa dan kinerja mobil. Kebutuhan perempuan untuk sebuah mobil lebih detail dibanding laki-laki. Banyak hal yang dipikirkan ketika memilih mobil mulai dari detail luar hingga fitur dalam mobil,” kata Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia, di sela-sela peluncuran TIGGO 5X di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta beberapa waktu lalu.

| Baca Juga: Feminis Themis Dorong Kesetaraan Hak Perempuan Tuli

Syifa Hadju yang memiliki mobilitas tinggi setiap harinya karena syuting dan aktivitas-aktivitas entertainment lainnya, mengatakan bila dirinya membutuhkan mobil dengan transmisi otomatis atau matic, yang interiornya elegan, ruang kabinnya lega, dan dilengkapi fitur-fitur untuk keamanan selama berkendara.

“Kebetulan aku lagi syuting stripping setiap hari. Kalau syuting aku sering berpindah-pindah lokasi, hingga aku butuh transportasi yang aku percaya akan aman,” kata Syifa.

Menurut Syifa, fitur keamanan yang bagus, seperti adanya beberapa airbag yang bisa melindungi jika terjadi benturan keras, merupakan kriteria penting dalam memilih mobil.

“Sebagian besar rangka mobilnya juga terbuat dari baja yang kuat. Hingga aku worth it banget saat mengendarainya,” ujar Syifa.

| Baca Juga: Kisah Sukses Para Perempuan Peneliti Dorong Transformasi Wanita Indonesia

Lebih ramah untuk pengendara perempuan, berikut beberapa fitur yang bisa digunakan sebagai fitur kemanan dan keselamatan mobil, serta kenyamanan pengemudi.

1. Blind Spot Monitor

Fitur ini merupakan sensor yang biasanya dipasang di area bumper belakang atau kaca spion bagian bawah. Sensor ini akan mengidentifikasi objek di sekitar kendaraan.

Jika ada objek yang tertangkap maka sensor akan mengirim sinyal dan memberikan tanda peringatan berupa getaran, bunyi, atau rekaman kamera tergantung pada tipe sensor yang digunakan.

2. Kamera 360

Kamera 360 ini bisa membuat kita melihat secara keseluruhan bagian di sekeliling mobil.

Dari area depan, belakang, hingga samping. Adanya kamera 360, akan memberikan pengemudi pandangan menyeluruh akan kondisi di sekitar mobil, mengeliminasi blind spot, dan memungkinkan mereka mengantisipasi bahaya dari semua sudut.

| Baca Juga: Perempuan Pengguna Vape Lebih Susah Hamil

3. Kamera Pengawas

Kamera pengawas atau dashboard cam (dashcam) juga bisa jadi salah satu fitur keamanan saat berkendara. Sebab, dashcam bisa menjadi bukti rekaman jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here