5 Cara Mudah Manfaatkan Mentimun Untuk Kulit Sejuk dan Cerah

Memanfaatkan Mentimun untuk kulit sejuk dan cerah. Foto : Adobe Stock
Memanfaatkan Mentimun untuk kulit sejuk dan cerah. Foto : Adobe Stock

Mentimun merupakan buah yang kaya akan berbagai manfaat. Tak heran jika buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus L ini selain untuk masakan juga biasa dipakai untuk treatment kesehatan, utamanya kulit.

Mentimun merupakan buah bergizi yang memiliki kandungan air tinggi dan kaya akan elektrolit. Mengandung vitamin A, B, dan C serta asam folat, yang membuat mentimun bermanfaat bagi kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Dikutip dari healthshots, Dokter kulit, Dr Rinky Kapoor, mengatakan mentimun secara alami memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi bengkak, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Inilah sebabnya mengapa orang sering mengoleskan irisan mentimun di bawah mata mereka untuk mengurangi lingkaran hitam atau mata panda.

| Baca Juga : Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lantas apa saja manfaat mentimun untuk kulit? Berikut ulasannya.

Vitamin K pada mentimun dapat membuat kulit tampak segar alami, mengurangi lingkaran hitam, melancarkan peredaran darah, serta menyembuhkan luka dan bekas luka.

2. Mentimun dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

3. Berbagai produk perawatan kulit menggunakan ekstrak mentimun karena khasiat penyembuhannya, yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Cara Menggunakan Mentimun untuk Kulit

1. Gunakan mentah

Oleskan pada wajah dalam bentuk irisan mentah atau masker wajah DIY dengan cara diparut dan langsung diaplikasikan.

| Baca Juga : Atasi Masalah Jantung, Dokter Tirta: Awali Jalan Kaki 5 Ribu Langkah…

2. Paket wajah mentimun

Campurkan mentimun dengan bahan lain seperti madu, lidah buaya, atau yoghurt. Buat pasta halus dengan irisan mentimun dan yogurt. Oleskan pasta ini dalam jumlah banyak ke seluruh wajah Anda dan diamkan selama lebih dari 10 hingga 15 menit.

Setelah masker wajah mengering, bilas dengan air hangat. Masker wajah mentimun dan yogurt ini dapat membantu mengencangkan pori-pori, menghilangkan kotoran, dan memperbaiki warna kulit.

3. Toner mentimun

Cuci, kupas, dan iris mentimun. Tambahkan ke dalam wajan dan panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 5-7 menit. Sekarang, haluskan campuran dan tuangkan dengan saringan mesh untuk menghilangkan potongan yang menggumpal.

| Baca Juga : Pencernaan Sehat, Tumbuh Kembang Anak Optimal

Anda juga bisa menambahkan air mawar ke dalam campuran tersebut. Oleskan toner langsung pada kulit. Campuran ini menenangkan kulit yang terbakar atau rusak .

4. Air Mentimun

Cukup campurkan air mentimun dengan lidah buaya atau sabun teh hijau. Percikkan wajah dengan air mentimun untuk menjaga diri Anda tetap segar dan terhidrasi.

5. Lulur mentimun

Parut mentimun dan campurkan sedikit gula atau oatmeal untuk membuat scrub pengelupas kulit. Setelah disiapkan, pijat pada kulit dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit terlihat halus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here