Musisi Ternama Rich Brian Beri Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Rich Brian. (Foto : Instagram/@brianimanuel)
Rich Brian. (Foto : Instagram/@brianimanuel)

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris memang menjadi tantangan besar, terkhusus bagi masyarakat yang tidak terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bila ada tekad dan metode yang tepat, kemampuan tersebut dapat dilatih secara otodidak.

Kunci dari kemahiran dalam bahasa Inggris, salah satunya ialah konsistensi serta kemampuan untuk terus belajar. Hal tersebut seperti yang telah dilakukan oleh Rich Brian. seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser musik asli Indonesia yang telah mendunia.

Rich Brian dikenal karena menjadi salah satu artis Asia pertama yang sukses menembus industri musik dunia yakni 88 Rising. Rich Brian yang mulanya hanya mampu berbahasa Indonesia, kini fasih berbahasa Inggris bahkan mampu untuk berkomunikasi dan berkarya di kancah dunia.

Lalu, bagaimana cara Rich Brian melatih bahasa Inggrisnya? Berikut ulasannya.

1. Menonton Video dari YouTube

Brian mengaku, kalau dia mempelajari bahasa Inggris melalui YouTube dengan menonton berbagai jenis konten seperti, video unboxing, ulasan produk, tutorial rubik, komedi, dan juga mendengarkan lagu dari rapper lain seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler The Creator.

| Baca Juga : Bikin Bangga! 4 Musisi Asal Indonesia Ini Pernah Tampil di Coachella

Dalam kesehariannya tersebut, Brian bahkan bisa menatap layar komputernya untuk menonton YouTube hingga 13 jam sehari.

“Aku dulu sering menonton banyak tutorial tentang cara memainkan rubik, dan semua tutorial itu dalam bahasa Inggris, jadi aku terbiasa dengan itu.” ujar Brian dalam interview di channel YouTube BUILD Series.

2. Berkenalan dengan Teman dari Negara Lain di Aplikasi Skype

Brian awalnya memang hanya fasih berbahasa Indonesia, namun semenjak dia aktif menggunakan Skype dan berkenalan dengan seorang teman dari Amerika Serikat, kemampuan berbahasa Inggrisnya kian terasah.

| Baca Juga : Anggun Komentari Prestasi Rich Brian dan Stephanie Poetri

Dilansir dari kanal YouTube WIRED, Brian mengungkap, “Aku berusia sekitar 12 tahun saat memiliki teman-teman dari Amerika dan berbicara dengan mereka di Skype. Jadi, aku bisa berbicara dalam kedua bahasa.”

3. Rajin Berbicara dalam Bahasa Inggris

Dalam sebuah wawancara dengan Jam’n 957, Rich Brian mengatakan kalau, “Setiap kali aku sendirian, aku berbicara sendiri dalam bahasa Inggris dan melatih pengucapanku.”

Menurutnya, dengan berbicara sendiri dalam bahasa Inggris, Brian dapat meningkatkan keterampilan pelafalannya. Latihan tersebut dia rasa sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dan kefasihan dalam berbicara bahasa asing.

| Baca Juga : 8 Kolaborasi Penyanyi Indonesia dengan Idol K-Pop yang Bikin Heboh

4. Mencari Arti dari Kosakata Baru

Mencari dan memahami kosakata baru juga sangat penting untuk memperluas kosakata bahasa Inggris. Tanpa kosakata yang memadai, akan cukup sulit untuk memahami dan menggunakan bahasa secara efektif.

Kini, menerjemahkan kosakata yang tidak diketahui jauh lebih mudah dengan banyaknya aplikasi penerjemah yang tersedia, sebut saja Google Translate, iTranslate, dan lainnya.

Hal tersebut serupa dengan apa yang telah dilakukan oleh Rich Brian, dengan menggunakan metode tersebut, Brian dapat memperkaya dan memahami kosakata baru dalam bahasa Inggrisnya.

Dengan rajin mencari arti kata-kata baru, ia mampu meningkatkan kemampuan bahasanya secara signifikan. Metode ini tidak hanya efektif tetapi juga membantu dalam memahami konteks penggunaan kata dalam berbagai situasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here