MC Baba, Rapper Bisu dan Tuli Pertama di Dunia

Mc Baba Rapper Bisu dan Tuli Pertama di Dunia (Foto : YouTube/MC Baba Official)
Mc Baba Rapper Bisu dan Tuli Pertama di Dunia (Foto : YouTube/MC Baba Official)

Bila ada pepatah mengatakan “jangan jadikan kekurangan membatasi dirimu”, maka ini diterapkan dengan baik oleh seorang MC Baba. Dia merupakan rapper tuli dan bisu pertama di dunia. Dia bahkan secara terang-terangan memperkenalkan deaf hop.

Rapper tuli yang berasal dari Republik Kongo tersebut mendadak viral karena keunikannya dalam bermusik. Pembuatan musik yang unik, memberinya beragam komentar dari masyarakat.

Dilansir dari IOL, MC Baba menyanyikan rap dengan irama sebagai pengganti kata-kata. Dia yang tampil dalam lagu berjudul “Oko Lela Epa Ya Nani” atau yang bila diartikan menjadi “Untuk Siapa Kamu Menangis” oleh artis Paterne Maestro dan diproduksi oleh Farel X Makarezi Studios, yang dirilis pada Mei 2024 lalu.

| Baca Juga: Rapper Sean Kingston Ditangkap, Penipuan Uang Sejuta Dolar Lebih

Karier seorang MC Baba sendiri dimulai pada tahun 2021 ketika dia menjadi bagian dari duo bernama La Baseron. Namun, ia memutuskan untuk bersolo karier pada 2023.

Cuplikan media sosial terbarunya kini menarik perhatian pengguna dan telah mengumpulkan hampir 10 juta penayangan hanya dalam satu hari

India Times menuliskan bahwa, sejumlah netizen memberikan julukan “Greaters Rapper Alive” untuk MC Baba.

Penampilan unik MC Baba pun membuat sejumlah artis ikut memberikan sorotan. Diantaranya adalah Shatta Wale dari Gana, dan Bad Bunny dari Puerto Rico.

| Baca Juga: Duo Rapper Israel Bikin Lagu untuk Serang Bella Hadid dan Dua Lipa

Namun sebagian netizen lain juga ada yang melayangkan komentar negatif dan kritik atas penampilan MC Baba yang dinilai hanya “ingin konten”.

Sebagian lainnya mengkritik penampilan MC Baba yang tidak memenuhi standar rap yang biasa didengarkan oleh mereka.

Untuk diketahui, deaf rap atau rap tunarungu adalah genre khusus yang saat ini masih berkembang. Meskipun kurang diperhatikan karena dianggap aneh, namun musik tersebut sudah mulai mendapat pengakuan dari pecinta seni.

Selain MC Baba, rapper tunarungu lain yang terkenal adalah Warren Snipes atau yang dikenal dengan sebutan Wawa. Ia membawakan lagu “Dip Hop”, sebuah genre musik baru yang dibawakan oleh artis tunarungu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here