Kenali Tahi Lalat yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Kanker

Kenali tanda tahi lalat yang bisa jadi pertanda kanker kulit. Foto: Dok. Freepik
Kenali tanda tahi lalat yang bisa jadi pertanda kanker kulit. Foto: Dok. Freepik

Tahi lalat, bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman biasanya tak menjadi masalah serius bagi kulit manusia. Namun bukan berarti tak ada tanda bahaya di baliknya.

Dalam beberapa kasus, tahi lalat bisa menjadi sebuah penanda kanker kulit. Sehingga penting bagi kita bisa membedakan antara tahi lalat yang normal dengan yang tidak.

Normalnya, manusia biasa memiliki 10 hingga 40 tahi lalat di bagian tubuh. Beberapa orang ada yang sudah terlahir dengan tahi lalat. Namun tahi lalat juga bisa tumbuh seiring bertambahnya usia.

| Baca Juga : 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Berat Badan

Untuk tahi lalat normal biasanya memiliki bentuk yang jelas, seperti bulat atau oval. Selain itu, pertumbuhannya juga lambat dan ukurannya hanya berkisar sekitar 6 milimeter. Dan yang terpenting, tidak menimbulkan keluhan kesehatan apapun.

Sedangkan tahi lalat yang tidak normal bisa menjadi penanda penyakit melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya.

Melansir dari laman Siloam Hospitals, melanoma adalah jenis kanker kulit yang disebabkan oleh melanosit secara tidak normal. Ini termasuk jenis kanker ganas yang dapat menyebar pada organ tubuh lain seperti mata, hidung, tenggorokan, otak, bahkan paru-paru.

| Baca Juga : Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Meski jarang terjadi, tetapi kemunculan tahi lalat yang terlihat tidak normal sangat perlu untuk diwaspadai. Berikut adalah beberapa tanda tahi lalat yang bisa menjadi penanda kanker kulit.

  • Adanya perubahan warna, bentuk, tekstur, dan ukuran tahi lalat
  • Kulit permukaan tahi lalat berubah menjadi kering atau bersisik 
  • Dari tahi lalat keluar darah atau cairan
  • Tahi lalat terasa gatal, perih atau nyeri saat dipegang
  • Tahi lalat terasa menjadi lebih keras atau terasa menggumpal
  • Ada kemerahan atau pembengkakan terjadi disekitar area tahi lalat
  • Muncul noda atau pigmen yang tidak biasa pada kulit

Itulah tadi beberapa tanda-tanda tahi lalat yang bisa menjadi pertanda kanker kulit atau melanoma. Jika anda mengalami beberapa tanda yang disebutkan, segera temui dokter untuk diagnosis yang lebih jelas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here