Joe Biden Kehilangan Fokus di KTT G7, Gerak-gerik Anehnya Jadi Sorotan

Presiden AS Joe Biden (pakai kacamata hitam) jadi sorotan selama KTT G7 di Italia (13-15/6) lantaran gerak-geriknya yang dianggap aneh. (Foto: Reuters)
Presiden AS Joe Biden (pakai kacamata hitam) jadi sorotan selama KTT G7 di Italia (13-15/6) lantaran gerak-geriknya yang dianggap aneh. (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menjadi sorotan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Italia. Biden disebut telah kehilangan fokus selama diskusi di pertemuan itu pada minggu ini.

Seorang peserta dari delegasi non-AS mengatakan kepada Media Sun pada hari Jumat (14/6), bahwa kesalahan langkah pria berusia 81 tahun tersebut pada hari pertama pertemuan itu memalukan.

Dalam KTT tahunan tersebut, Joe Biden bergabung dengan para pemimpin negara demokrasi terkaya di dunia. Itu termasuk Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, guna membahas prioritas ekonomi dan keamanan negara mereka.

| Baca Juga: Putra Joe Biden Dinyatakan Bersalah Atas Kasus Senjata Api

Namun, Biden telah mencuri perhatian dengan serangkaian tindakan anehnya, seperti memberi hormat yang canggung kepada Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni saat menyapanya pada hari Kamis (13/6).

@albakers2

♬ original sound – wen_3761 – wen_3761????

Selain itu, Biden juga sempat menjauh dari rekan-rekan pemimpinnya selama demonstrasi terjun payung. Hal tersebut bahkan membuat perdana menteri tuan rumah harus mendampinginya berjalan kembali ke dalam barisan para pemimpin.

Dilansir oleh New York Post, rupanya bukan sekali itu saja Biden menunjukkan tingkah laku yang membuat repot tuan rumah. Sebelumnya, Biden juga disebut telah melakukan kesalahan dengan Meloni bahkan sebelum KTT dimulai pada Kamis (13/6) pagi.

Menurut lembaga penyiaran publik Italia RAI, Biden membuat perdana menteri Italia itu menunggu 20 menit sebelum akhirnya tiba.

| Baca Juga: Putra Joe Biden Diadili Gegara Kasus Penipuan Pembelian Senjata Api

Ketika Biden benar-benar muncul, Meloni dilaporkan segera menegurnya dengan maksud melucu. “Anda tidak boleh membiarkan seorang wanita menunggu seperti ini,” canda Meloni.

The Sun juga melaporkan, bahwa Biden akhirnya menunjukkan gelagat kejelasan saat membahas masalah mendesak dengan para pemimpin Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Uni Eropa.

Perilaku Biden itu sejalan dengan pemahaman The Post dari para staf Gedung Putih, yang mengatakan bahwa Biden telah kehilangan fokusnya dalam percakapan pribadi.

Sementara itu, wakil sekretaris senior pers Gedung Putih, Andrew Bates, pada hari Jumat mengatakan bahwa laporan Sun merupakan kebohongan. Bates memuji kepemimpinan Biden yang sukses di luar negeri dalam memajukan keamanan nasional AS.

| Baca Juga: Harry-Meghan Minta Bareng Joe Biden Naik Pesawat Kepresidenan Usai Pemakaman Ratu Elizabeth

Bates juga bersikeras bahwa The Post dan media lain telah membuat laporan versi terdistorsi dari video Biden yang berjalan menjauh dari demonstrasi terjun payung. Ia mengatakan, bahwa presiden tersebut memberikan acungan jempol dan ucapan selamat kepada penerjun payung lain yang berada di luar bingkai video tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here