Ayam atau Telur, Sumber Protein Mana yang Lebih Baik?

Daging ayam dan telur, sumber protein. (Foto: Freepik)
Daging ayam dan telur, sumber protein. (Foto: Freepik)

Protein, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa fungsinya sebagai sumber energi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artinya, tubuh yang kekurangan protein akan rentan terserang penyakit dan infeksi. Tentu ada banyak sumber protein yang bisa menjadi pilihan. Seperti ayam dan telur yang disukai oleh banyak orang.

Lalu, manakah yang lebih kaya protein antara ayam dan telur? Dikutip dari laman Healthshots, 100 gram putih telur terdapat 10,9 gram protein. Hal ini berdasarkan penelitian Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Namun disarankan, mengonsumsi telur berwarna cokelat. Sebab, 100 gram telur cokelat mengandung 12 gram protein.

| Baca Juga: Kaya Vitamin, Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Sementara jika makan 100 gram dada ayam, maka Anda akan mendapatkan 23,2 gram protein. Ahli gizi eksekutif di Cloudnine Group of Hospitals Shruti Keluskar menyebut jika ayam dan telur merupakan sumber protein yang sangat baik.

Namun, pilihan di antara keduanya bergantung pada berbagai faktor seperti preferensi pola makan pribadi, kebutuhan nutrisi, dan pertimbangan kesehatan.

Misalnya, jika kalian fokus pada penurunan berat badan dan ingin menjalani diet tinggi, maka protein dada ayam harus menjadi pilihan.

| Baca Juga: 3 Manfaat Ekstrak Bunga Edelweiss untuk Wajah, Kulit Dijamin Lembap Seharian

Ayam adalah daging tanpa lemak yang sangat kaya akan protein berkualitas tinggi. Ini mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan otot, perbaikan, dan pemeliharaan secara keseluruhan.

Sebaliknya, telur merupakan sumber protein lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial dalam proporsi yang tepat.

Telur juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik. Selain itu, telur lebih serbaguna saat dimasak dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai masakan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here