Tips Mengecilkan Lingkar Pinggang dan Perut Pasca Lebaran

Ilustrasi tips mengecilkan lingkar pinggang dan perut. (Foto: Freepik)
Ilustrasi tips mengecilkan lingkar pinggang dan perut. (Foto: Freepik)

Tumbuh mengembang dan berat badan naik adalah masalah yang sering dialami pasca Lebaran. Biasanya, banyak orang bisa menormalisasi berat badannya dengan puasa lagi atau diet setelah Lebaran.

Namun, ada bagian tubuh yang sulit kembali ke ukuran semula, meskipun berat badan sudah berkurang. Yaitu lingkar pinggang dan perut.

Untuk mengatasi melarnya ukuran lingkar pinggang dan perut, tidak hanya bisa diatasi dengan pembatasan makanan atau diet. Tetapi perlu treatment khusus untuk mengurangi ukuran ikat pinggang.

Mengecilkan ukuran pinggang atau perut sangat perlu, karena selain tidak sedap dipandang secara estetika, juga memberi banyak risiko kesehatan tubuh. Orang menjadi tidak pede mengenakan dress slim karena akan kelihatan buncit.

| Baca Juga: Awas! Ada Efek Negatif Tidur dalam Kondisi Rambut Basah

Untuk mengatasinya perlu pengaturan pola makan dan olahraga. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat tetapi harus tepat. Keduanya harus terkait dan harus dijalankan berbarengan agar hasil pengencangan pinggang terlihat.

Dari pola makan pengecilan lingkar pinggang dan perut dapat dilakukan:

1. Mengurangi kalori makan: yaitu dengan melakukan diet deficit kalori dengan makan yang lebih sediti agar membakar lebih banyak energy melalui aktivitas fisik. Mengurangi asupan kalori untuk tubuh sebesar 500 hingga 1.000 kalori per hari.

2. Makan makanan yang banyak mengandung serat, pola makan dengan mengonsumsi banyak sayuran yang mengandung serat.

3. Membatasi makanan instan atau fast food.

Meskipun tidak harus menghilangkan sama sekali kebiasaan makan makanan instan, namun untuk mengecilkan pinggang dengan cepat, tetap harus membatasi.

Misalnya coklat, sosis, makanan panggang, cemilan tinggi sodium seperti keripik, gorengan, makanan cepat saja, dan permen.

| Baca Juga: Kenali Sejak Dini Penyakit Kanker Payudara yang Mematikan

4. Cukup cairan tubuh, banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, minuman soda, manis, dan bir sebaiknya tidak dikonsumsi agar pinggang cepat mengempis.

5. Tidur yang cukup dan mengelola stress, keduanya sangat berpengaruh pada kesehatan dan penurunan berat badan. Orang yang sulit tidur ataupun stress akan lebih banyak mengonsumsi cemilan atau minuman yang dimaksudkan agar cepat tidur dan tidak stress lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here