Nina Williams Berharap Semua Suka ‘Pisang Abang’-nya

Nina Williams bersama pencipta lagu Pisang Abang. Foto: Nyata/Agnes

S iapa tak kenal Rita Sugiarto. Penyanyi seangkatan Rhoma Irama ini, disebut sebagai salah satu penyanyi dangdut legendaris tanah air. Sosok pelantun lagu Pria Idaman ini pula, yang menginspirasi penyanyi Nina Williams banting setir dari penyanyi pop menjadi penyanyi dangdut.

Lagu berjudul Pisang Abang, menjadi debut pertama Nina Williams di jalur musik dangdut. Ia pun berharap, lagu pop dangdut perdananya ini, diterima pecinta musik tanah air. Apalagi musik dan liriknya sangat easy listening dan menghibur.

“Aku berharap jangan negative thingking dengan judulnya. Dari judulnya, aku  sadar bakalan bisa memicu kontroversial, apalagi kalau berpikiran pendek atau sempit. Tapi kalau mikirnya positif, ini lucu loh, penuh joke. Kok bisa ya pisang jadi inspirasi lagu gitu,” jelas Nina Williams saat ditemui di kawasan Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2).

| Baca Juga: Ada Museum Hingga Klinik di Rumah 100 M Tompi

Pemilik nama lengkap Nina Ekarina Sari itu, punya alasan mengapa ia sangat menyukai Rita Sugiarto dan Rhoma Irama.

“Aku ngefans dengan Rita Sugiarto. Gara gara saat pandemi, gabut akhirnya dengerin semua lagu-lagu Rita Sugiarto. Dari sekian banyak lagu Rita Sugiarto, yang jadi favorit adalah lagu Dua Kursi,” ungkap wanita ramah ini.

“Alasannya, lagu itu lucu gampang dinyanyiin. Judulnya itu bikin penasaran, ‘Dua Kursi’ itu apa sih, engga beda sama lagu ‘Pisang Abang’ ini,” imbuhnya.

| Baca Juga: Anti Golput! 7 Artis Ini Nyoblos Duluan di Luar Negeri

Beralih ke musik dangdut menurut Nina Williams, sebenarnya lebih kepada kebetulan. Ceritanya suatu hari, ia diminta oleh temannya untuk ngisi suara sebuah lagu, di studio milik composer dan arangger bernama Arby Purba.

“Nah pas ngobrol, aku bilang mau nyanyi dangdut bikinin dong, akhirnya jadi lagu ini seminggu kemudian. Lagunya lucu, tapi sadar bakal ada pro dan kontra, tapi kan karya tak ada batasannya,” bebernya.

| Baca Juga: Nirina Zubir Sukses Rebut Kembali Haknya dari Mafia Tanah

Proses penggarapan lagu Pisang Abang relatif cepat, tidak ada sebulan mulai penulisan lagu, take vokal, video klip sampai rilis. Proses rekaman berlangsung lancar pada 6 Januari, dan rilis pada 7 Februari.

“Targetnya secara pribadi, lagu ini bisa jadi berkat bagi orang lain, dan membuat siapa saja yang dengerin suka dan happy. Tidak ada kesulitan bawain lagu dangdut, tantangannya justru nahan tertawa karena lagunya lucu,” ujarnya sambil tertawa.

Sementara itu, pasangan suami istri Arby Purba dan Firdha Arisandhi, punya cerita dibalik lagu ciptaannya itu. Menurut Firdha, lagu itu murni tentang pisang.

“Kayak lihat pisang tanduk, bisa didiskripsikan dari bentuknya yang panjang. Malah kata nenek saya, kalau dikukus akan makin panjang dan rasanya legit. Sedangkan kalau pisang muda atau mentah, biasanya dibuat keripik. Jadi ini murni tentang pisang yang bisa dimuat berbagai camilan atau makanan yang enak,” jelas Firdha di kesempatan yang sama.

“Cuma karena yang nyanyiin orang dewasa jadi dibuat beda. Engga mungkin sama dengan lagu anak-anak, kebetulan saya juga suka bikin lagu anak-anak. Nadanya juga dibuat beda,” sambungnya.

“Proses bikin lagunya, ketemu dulu, lihat karakter orangnya yang ternyata ramah dan heboh, makanya lagunya pun dibuat heboh. Pertemuan pada November 2023,” kata Arby Purba menambahkan.

Uniknya, Arby Purba pernah DM di IG Nina Williams dua tahun lalu mengajak rekaman, tapi Nina tidak pernah baca DM IG. Tapi akhirnya ketemu sekarang, seperti telah diatur oleh Tuhan.

| Baca Juga: Ahn Bo-hyun Habiskan 1/2 Botol Hair Spray Tiap Kali Adegan di…

Meskipun dangdut, tidak sulit saat dibawakan karena genre-nya pop dangdut. Tidak butuh cengkok yang terlalu sulit.

Next-nya mungkin akan bawain lagu dangdut original, mau belajar dulu cengkok dangdut yang khas itu. Sekarang lagi cobain dangdut, nantinya genre apa aja juga mau, tergantung mood aku aja,” terangnya.

| Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Percintaan Remaja. Siap-Siap Baper!

Penyanyi yang biasa disapa Onti ini, memulai karir bermusiknya dengan menjadi penyanyi cafe di tahun 1993. Setelah itu ia absen hampir 22 tahun, lalu kembali bermusik lagi di tahun 2020, setelah mendapat ajakan Aditya Gumay, yang menilai dirinya memiliki karakter dan talenta dalam bermusik.

Nina Williams sendiri sudah merilis beberapa single di antaranya adalah Manusia Tak Kuasa, Dunia Tipu Tipu dan Denganmu feat. Micky AFI. Keputusannya untuk kembali ke panggung, adalah inspirasi bagi banyak orang, yang berjuang untuk mewujudkan impian mereka, terlepas dari seberapa lama mereka vakum. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here